Tips Mengembalikan Elastisitas Karet Wiper Mobil

0
Wiper mobil

Pelopor.id | Jakarta – Kelenturan dan elastisitas karet pembersih kaca depan dan belakang, atau biasa disebut wiper sangat penting agar kinerjanya maksimal. Sebab benda tersebut, merupakan komponen vital saat berkendara di tengah guyuran hujan.

Jika terlanjur keras, berikut cara mengembalikan elastisitas karet wiper dengan hasil non permanen dari Sahabat Daihatsu.

Oleskan Baby Oil atau Minyak Zaitun

Beberapa pemilik mobil, mengoleskan karet dengan minyak bayi atau minyak zaitun untuk menjaga kelenturannya. Minyak ini,  memang berfungsi untuk melunakkan karet yang mulai mengeras. Namun, sifatnya hanya sementara.

Perlu diketahui, hingga kini belum ada cairan yang dapat mengembalikan elastisitas karet yang sudah kaku.

Tetapi apabila wiper mobil kotor, sebelum mengoleskannya dengan minyak maka bersihkanlah terlebih dahulu. Caranya cukup di lap dengan air hangat perlahan-lahan lalu keringkan dengan kain/lap.

Rendam dengan Air Cuka Asli

Cuka ternyata bisa dimanfaatkan untuk melembutkan wiper yang kaku. Tetapi, cuka tersebut harus cuka asli tanpa campuran air apapun. Cara menggunakannya cukup mudah.

  1. Pertama rendam wiper dengan air cuka, lalu tunggu beberapa saat agar bereaksi.

2. Gosok perlahan dengan spons pencuci piring.Lakukan gerakan searah secara berulang-ulang.

3. Jika masih keras, rendam kembali dalam waktu yang lebih lama. Ulangi sampai karet wiper melembut dan lebih elastis. []