Pentingnya Segera Cuci Mobil Setelah Terkena Hujan

Ilustrasi pencucian mobil. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Jakarta – Tahukah Anda air hujan banyak mengandung kotoran dan debu yang bisa merusak body mobil jika tidak segera dibersihkan? Itulah mengapa merawat mobil kesayangan harus lebih intens terutama saat musim hujan dibanding musim lainnya. 

Berikut tips menghindari kerusakan body mobil Anda, agar nantinya tak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk perawatan mobil favorit Anda. 

  • Segera cuci mobil setelah terkena hujan 

Anda harus segera mencuci mobil setelah setelah terkena hujan, karena air hujan mengandung debu dan kotoran yang bisa merusak body mobil jika didiamkan terlalu lama. Selain itu, jika Anda malas mencuci mobil setelah kehujanan, maka karat dan jamur juga bisa muncul karena air hujan tersebut akan membekas jika tidak langsung dibersihkan.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Tips Menyetir Mobil Aman di Malam Hari

  • Hati-hati dalam berkendara

Ini adalah hal paling utama dalam berkendara, karena bisa menghindari bahaya bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain. Jika kita ceroboh dalam berkendara, maka tidak tertutup kemungkinan kita akan menabrak dan membuat body mobil tergores atau penyok, yang memakan biaya besar untuk perbaikannya.

  • Silicon spray

Menyemprot silicon spray termasuk bagian yang sangat penting. Anda bisa menyemprotkan di bagian karet yang ada di kaca mobil. Pasalnya, jika bagian itu rusak, maka kondisi mobil akan terlihat buruk dan tentunya mengurangi keindahan mobil Anda.

Baca juga: Rawat AC mobil, Jangan Tunggu Sampai Tidak Dingin

  • Sparepart asli

Anda wajib menggunakan sparepart body mobil asli, karena sparepart imitasi atau abal-abal akan mudah rusak. Harganya memang dapat dipastikan lebih mahal. Namun, Anda justru jadi lebih berhemat, karena sparepart asli lebih awet dan tahan lama sehingga bisa mengurangi pengecekan rutin.

  • Cat berkualitas
Baca Juga :   Mobil Wajib Spooring dan Balancing, Ini Manfaatnya

Pemilihan cat berkualitas adalah bagian terpenting dan terutama. Jika cat yang dipilih tidak bermutu, maka bisa mudah mengelupas, bahkan hanya karena terkena sinar matahari. []

Pos terkait