Memanaskan Mobil Secara Berkala itu Penting, Kenapa?

0
memanaskan mesin mobil
Ilustrasi memanaskan mesin mobil. (Foto: Pelopor.id/Daihatsu)

Pelopor.id | Jakarta – Mesin mobil, harus dipanaskan secara rutin, kenapa? sebab, bisa menghindarkan kendaraan tersebut dari kerusakan jangka panjang. Apalagi jika mobil Anda dibiarkan tak terpakai dalam waktu yang cukup lama.

Sedangkan untuk memperbaiki mobil, tentu membutuhkan uang yang cukup banyak. Pentingnya memanaskan mobil, bisa menjadikan mesin mobil tetap awet. Selain itu, juga terdapat berbagai macam manfaat lainnya.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan bila memanaskan mobil secara rutin.

Sirkulasi Oli menjadi Bagus
Oli adalah pelumas untuk memperkecil gesekan yang terjadi antara logam yang ada di komponen mesin mobil. Mesin mobil, harus senantiasa sering dialiri oli agar saat digunakan mobil bisa berjalan dengan baik. Mobil yang tidak sering dipanaskan, akan membuat oli turun, sehingga pada bagian atas mesin mobil mengalami kekeringan.

Mesin yang tidak dialiri oli, bisa membuat kerusakan yang cukup parah. Untuk itu pastikan Anda memanaskan mobil agar oli bisa masuk ke dalam celah mesin mobil Anda. hal ini bisa membuat aliran sikulasi oli menjadi lancar dan mudah merata pada komponen mesin yang ada pada mobil Anda.

Meski terdengar sepele, hal ini perlu dilakukan mengingat pentingnya memanaskan mobil bisa menjadikan mesin mobil Anda tetap awet terjaga. Sehingga anda harus memastikan untuk merawat mobil dengan baik.

Sistem kelistrikan yang terjaga Baik
Dalam mobil, ada komponen yang sebelum digunakan harus dialiri oleh listrik dari mobil. Sehingga untuk membuat komponen itu bekerja, harus dialiri listrik terlebih dahulu. Komponen tersebut berupa aki mobil, alternator mobil dan juga regulator.

Agar listrik mobil dapat bekerja, diharuskan menghidupkan mobil terlebih dahulu. Apabila mobil tidak sering dipanaskan, maka komponen tersebut tidak akan bekerja. Lama-kelamaan, hal ini bisa menyebabkan kerusakan. Terlebih, aki mobil yang membutuhkan lebih banyak aliran listrik.

Fungsi Aki sendiri adalah untuk menyimpan listrik dari mesin mobil. Sehingga harus mesin mobil harus dinyalakan agar komponen ini bisa bekerja. Mesin akan semakin optimal kerjanya apabila sering digunakan. Dengan demikian, sangat perlu memanaskan mobil secara rutin, agar semua komponen mobil tidak mengalami kerusakan.

Mengurangi Kebocoran Kompresi
Mobil yang sering dipanasi tidak hanya bagus mesinnya tapi juga bisa mengurangi kebocoran pada kompresi. Hal ini lantaran tidak semua komponen kompresi dibuat secara presisi. Dengan begitu komponen ini bisa memuai dengan sendirinya apabila terkena panas.

Panas inilah yang bisa mengurangi terjadinya kebocoran pada kompresi. Untuk mendapatkan panas tentu saja, perlu dilakukan untuk memanaskan mobil Anda. Panaskan mobil secera rutin agar tetap menjaga mesin semakin awet.

Mobil yang bagus tidak hanya bisa dilihat dari bodinya yang keren. Tetapi juga mesinnya yang selalu terjaga dan terawat. Sehingga nyaman digunakan saat berkendara. Panaskan mobil Anda setidaknya 2 hari sekali agar mesin tetap terjaga keawetannya. []