Jangan Parkir Sembarangan, Terik Matahari Perpendek Umur Coating

Mobil terpapar matahari
Ilustrasi mobil terpapar panas sinar matahari langsung. (Foto:Pelopor.id/Istimewa)

Jakarta – ketika kita sedang bepergian, tak jarang di tempat tujuan kita mendapati lahan parkir yang tidak teduh atau langsung tersorot sinar matahari. Paparan sinar matahari secara langsung itu, lama-kelamaan akan merusak lapisan coating.

Selain itu, kerusakan interior juga bisa terjadi jika mobil kalian sering dijemur di bawah sinar matahari. Mobil yang selalu parkir di tempat panas pada bagian dashboard yang biasanya berbahan plastik akan lebih cepat pudar warnanya.

Adapun bagian dashboard yang sering terpapar panas sinar matahari adalah bagian depan atas. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa lapisan memudarkan warna kulit setir.

Bacaan Lainnya

Pada bagian eksterior atau permukaan body luar mobil, panasnya sinar matahari dapat membuat cat mobil seperti pudar atau kusam dari warna aslinya. Juga bisa mempengaruhi bagian mobil yang terbuat dari karet, seperti karet channel yang berada di sela-sela kaca mobil, dan bagian lainnya yang terbuat dari karet.

Sering memarkir mobil di tempat yang tidak teduh atau panas dapat mempengaruhi umur coating mobil bagian wiper, sehingga bisa cepat rusak. Laman resmi Daihatsu menyebutkan, hal itu membuat kualitas dari wiper dapat berkurang, menjadi lebih keras sehingga tidak elastis lagi. Jika karet wiper tidak elastis lagi, maka membuat baret pada kaca ketika digunakan akibat terjadinya goresan.

Lebih lanjut, mika lampu pada mobil juga dapat terpengaruh seringnya Anda menjemur mobil di bawah terik sinar matahari. Yakni, mika lampu pada mobil akan menjadi cepat menguning.

Baca Juga :   Mendag Lutfi: Negara Maju Terapkan Standar Ganda, WTO Tidak Berkutik

Ini, lantaran bahan pembuatan mika lampu yang terbuat dari akrilik yang lebih rentan ketika terpapar sinar matahari. Jika terjadi, maka dapat mempengaruhi pancaran sinar yang keluar dari lampu mobil anda. Lampu akan terlihat lebih redup, sehingga dapat berbahaya ketika digunakan.

Selain membuat mika lampu menjadi berwarna kekuningan, pada mika tersebut juga bisa terdapat baret halus. Jika dibiarkan sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang, baret tersebut dapat menjadi banyak dan panjang.

Jika tak ingin ini terjadi kepada mobil Anda, maka hindarilah memarkirkan mobil di tempat panas atau terpapar sinar matahari secara langsung, apalagi dalam jangka waktu yang lama. []

Baca Juga :   Kronologis OTT KPK Terkait Dugaan Korupsi Perkara di MA

Pos terkait