Oli Mesin Tercampur Air Radiator, Kok Bisa?

Oli Mesin Tercampur Air Radiator

Jakarta – Oli mesin bisa tercampur dengan air radiator. Hal itu bisa mengubah kandungan dan struktur kimia oli, sehingga menyebabkan kehilangan fungsinya. Saat ini terjadi, komponen mesin yang bekerja bisa saling bergesekan dan membuat mesin cepat aus dan panas serta sangat mudah mengalami kerusakan.

Penyebab mesin mudah mengalami kerusakan, salah satunya akibat oli mesin tercampur air radiator. Jika menemukan cairan radiator semakin berkurang, bisa saja mengalami terjadi kebocoran atau bahkan tercampur dengan oli mesin. Ini bisa membuat cairan radiator merembes ke saluran dan dapat mengalir pada oli mesin.

Lalu, apa penyebab oli mesin pada kendaraan bisa tercampur dengan air radiator?

Bacaan Lainnya

Pertama, oil cooler yang bocor. Ini bisa menjadi salah satu penyebab tercampurnya oli mesin dengan air radiator. Dilansir dari laman Daihatsu, ada beberapa jenis mobil yang saat ini sudah dilengkapi dengan oil cooler yang berfungsi mendinginkan suhu pada oli mesin. Cara kerjanya, oli mesin akan didinginkan menggunakan kisi kipas yang dialiri air radiator. Saat melakukan ini, rawan terjadi kebocoran sehingga bisa menyebabkan oli mengalir ke dalam air radiator.

Baca Juga :   Tambah Portofolio, Entegris Akuisisi Rivalnya CMC Materials

Kedua, bagian blok mesin atau head keropos. Korosi pada bagian mesin juga bisa menyebabkan air radiator bercampur dengan oli mesin. Keropos ini sering dijumpai pada bagian atas blok mesin. Untuk mengatasinya bisa dengan mengelas bagian yang korosi. Namun akan lebih awet dan efektif jika diganti dengan yang baru.

Ketiga cylinder head mulai bengkok. Ini harus segera diatasi agar komponen mesin tidak rusak semakin parah. Caranya, dengan membuka bagian cylinder head tersebut, kemudian Anda bisa meratakan permukaannya agar bisa menghentikan kebocoran. Apabila masih bocor, lebih baik jika mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Keempat, Gasket cylinder head rusak. Meskipun ini jarang terjadi, tetapi bila gasket cylinder head rusak bisa mengakibatkan oli mesin tercampur air radiator. Cara mengatasinya, yakni dengan mengganti komponen yang rusak dengan yang baru agar tidak lagi bocor. []

Baca Juga :   Volkswagen Menyerahkan Kendali Kepada CEO Baru Oliver Blume

Pos terkait