Vietnam Desak Tiongkok Buka Gerbang Perbatasan untuk Perdagangan

0
Ilustrasi pelabuhan. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Pemerintah Vietnam meminta otoritas Tiongkok segera membuka kembali gerbang perbatasan untuk perdagangan untuk mengurangi kemacetan di penyeberangan. Sebelumnya, Tiongkok memperketat perbatasannya dengan negara tetangga akibat kebijakan pengendalian Covid-19 di Negeri Tirai Bambu.

Melansir Reuters, rekaman video dari Vietnam News Agency (VNA) yang dikelola pemerintah menunjukkan ribuan truk tertahan di perbatasan.

Baca juga: Pabrik Pembuat Sepatu Nike di Vietnam Kembali Beroperasi Penuh

“Gangguan ini telah menyebabkan dampak negatif pada perdagangan bilateral dan kerugian besar bagi bisnis dan orang-orang di kedua sisi,” lapor VNA, mengutip pernyataan Kementerian Perdagangan Vietnam.

Menanggapi hal itu, Pejabat Perdagangan Guangxi menyatakan akan meningkatkan durasi bea cukai dan menyampaikan proposal lain kepada otoritas yang lebih tinggi.

Baca juga: Tiongkok Pangkas Suku Bunga Pinjaman Pertama Kali Dalam 20 Bulan

Untuk diketahui, Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Vietnam, serta merupakan pasar terbesar untuk produk buah dan sayurannya.

Data resmi pemerintah menunjukkan, omset perdagangan produk pertanian antara kedua negara dalam periode Januari hingga November tahun 2021 mencapai USD 11,3 miliar. Angka itu melonjak hampir 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. []

Baca juga: Industri Baja Tiongkok Mulai Terdampak Kejatuhan Evergrande Group