Hasil Produksi Pabrik Jepang Melonjak Pada November

0
Ilustrasi pabrik. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Hasil produksi pabrik Jepang tercatat mengalami lonjakan 7,2% pada November lalu, berdasarkan jajak pendapat ekonom Reuters. Kenaikan itu salah satunya didorong oleh melonjaknya hasil produksi kendaraan bermotor dan produk plastik, seiring pemulihan pasokan suku cadang secara global.

Ini berarti angka hasil produksi atau output naik untuk bulan kedua berturut-turut, setelah naik 1,8% di bulan Oktober. Data menunjukkan, output mobil dan kendaraan bermotor lainnya di bulan lalu melonjak 43,1% dibandingkan di Oktober. Sementara itu, hasil produk plastik naik 9,5%.

Survei yang dilakukan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) juga memperkirakan, output pada bulan Desember naik 1,6% dan pada Januari 2022 akan mencapai 5,0%.

Terlepas dari output yang lebih kuat, produsen mobil Jepang masih belum sepenuhnya terlepas dari masalah pasokan suku cadang dan chip global yang masih terjadi sampai sekarang.

Pekan lalu, Toyota Motor Corp menyatakan akan menangguhkan produksi di lima pabriknya di Jepang pada Januari mendatang, akibat adanya masalah pasokan dan krisis kesehatan.

Data terpisah menunjukkan tingkat pengangguran di Jepang naik menjadi 2,8%, sementara indeks yang mengukur ketersediaan pekerjaan berada di 1,15, atau tidak berubah dari Oktober. []