Menyerah di Bisnis Iklan, AT&T Jual Xandr ke Microsoft

0
Ilustrasi gedung Microsoft. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Perusahaan telekomunikasi, AT&T Inc.,  sepakat menjual divisi Xandr miliknya ke Microsoft Corp., dengan nilai sekitar USD 1 miliar.

AT&T memang telah mencari pembeli Xandr selama lebih dari setahun, setelah menyerah pada mimpinya menjadi pemain utama dalam iklan online, area yang telah didominasi oleh perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook.

Penjualan ini juga sebagai bagian dari perombakan portofolio bisnis, setelah AT&T mengalihkan operasional DirecTV ke usaha patungan dengan TPG. Kemudian, unit WarnerMedia miliknya dijadwalkan bergabung dengan Discovery Inc. dan menjadi perusahaan independen baru.

“Penjualan Xandr tunduk pada tinjauan peraturan,” ujar pihak AT&T dilansir dari Bloomberg, Rabu (22/12/2021). Transaksi ini memungkinkan pelanggan di properti Microsoft, seperti MSN, mendapat akses ke pasar Xandr untuk iklan online otomatis.

Xandr sendiri dibentuk pada 2018 dari bisnis iklan AT&T, termasuk AppNexus dan AdWorks. Saat itu, mereka berharap bisnis iklannya akan bernilai miliaran dolar.

Namun, bisnis periklanan digital telah terguncang lantaran Apple dan Google berencana menghapus cookie pelacakan, sehingga mempersulit pemasar mengikuti aktivitas online pengguna dan menyesuaikan iklan dengan mereka. []