Forbes: Hartono Bersaudara Masih Jadi Orang Terkaya di Indonesia

0
Ilustrasi uang dolar. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Majalah Forbes merilis daftar orang terkaya di Indonesia dan Hartono bersaudara masih menempati posisi pertama, dengan nilai harta USD 42,6 miliar atau sekitar Rp 604,9 triliun (nilai kurs Rp 14.300).

Kekayaan Robert Budi Hartono dan Michael Hartono bertambah USD 3,8 miliar karena kenaikan saham BCA. Selain BCA, mereka juga pemilik Grup Djarum dan sejumlah perusahaan lain. Mereka menempati posisi orang terkaya di Indonesia sejak tahun 2008.

Sementara posisi kedua diduduki oleh Keluarga Widjaja atau Sinar Mas Group, dengan nilai harta USD 9,7 miliar, atau setara Rp 137 triliun. Namun, menurut catatan Forbes, Keluarga Widjaja mengalami penurunan kekayaan sebesar USD 2,2 miliar.

Adapun peringkat ketiga ditempati Anthoni Salim, dengan nilai USD 8,5 miliar, dan disusul Sri Prakash Lohia diposisi empat dengan nilai harta USD 6,2 miliar. Selanjutnya ada Prajogo Pangestu dengan total kekayaan USD 6,1 miliar dan Chairul Tanjung dengan USD 5,5 miliar, menurut data Forbes.

Sedangkan peringkat ketujuh hingga sepuluh secara berurutan ditempati oleh Susilo Wonowidjojo dengan nilai kekayaan USD 4,8 miliar, Boenjamin Setiawan dengan harta USD 4,2 miliar, Jogi Hendra Atmadja USD 4,1 miliar dan Bachtiar Karim dengan nilai harta USD 3,5 miliar atau setara Rp 49,7 triliun. []

Baca juga: Forbes Nobatkan Rihanna Sebagai Musisi Wanita Terkaya di Dunia