Saingi Twitter, Google Kembangkan ‘Big Moments’ Untuk Pencarian Breaking News

0
Logo raksasa teknologi Google. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Raksasa teknologi Google sedang berusaha membuat platform Google Search menjadi tempat pencarian berita terkini atau breaking news, seperti layanan jejaring sosial dan mikroblog Twitter.

Google akan menggunakan fitur bernama ‘Big Moments’ sebagai upayanya menyaingi Twitter. Namun saat ini program tersebut masih tahap eksperimen dan Google belum bisa memastikan kapan akan dirilis untuk publik.

Pengembangan fitur Big Moments dipimpin oleh Elizabeth Reid, Senior Executive yang menjadi Kepala Bagian Pengalaman Pencarian.

Baca juga: Pengguna Twitter Bisa Kasih Tip dalam Bentuk Bitcoin

“Kami terus bereksperimen dengan berbagai cara untuk memastikan orang-orang yang menggunakan Google menemukan informasi yang paling valid dan terkini ketika mereka membutuhkannya. Fitur-fitur atau perbaikan pada sistem kami melalui tes dan proses evaluasi yang teliti untuk memastikannya memberi nilai pada orang-orang,” kata Juru Bicara Google dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Bloomberg.

Sebelumnya pada 2015, Google dan Twitter telah melakukan kesepakatan untuk menaikkan cuitan-cuitan dari Twitter pada barisan atas laman pencarian yang terkait dengan breaking news.

Baca juga: Produksi Ponsel Pixel 5 dan 4a 5G akan Distop Google

Dilansir dari Phonearena, pada awal 2020, ketika kabar mengenai Covid-19 mulai diperbincangkan, Google memperbaiki format pencarian platformnya untuk memastikan video dan data medis yang valid muncul lebih atas dalam laman pencarian. Ini juga yang ingin Google lakukan untuk Big Moments. Namun Google tidak ingin jadi penerbit, melainkan hanya sebuah platform.

Big Moments dikabarkan akan menggunakan algoritma dibanding manusia untuk melakukan keputusan editorial sebagai upaya efisiensi waktu. Kemudian, Google juga ingin memberi perubahan pada laman pencarian yang mencakup penambahan konteks sejarah pada sebuah cerita. []