Profil Penyanyi R. Kelly yang Dinyatakan Bersalah dalam Kasus Pelecehan dan Perdagangan Seks

R. Kelly, penyanyi lagu "I Believe I Can Fly" dinyatakan bersalah dalam persidangan kasus perdagangan seks. (Foto: Pelopor/Antara/Reuters)

Pelopor.id | R. Kelly, penyanyi lagu “I Believe I Can Fly” dinyatakan bersalah dalam persidangan kasus perdagangan seks. Juri federal Kantor Kejaksaan Amerika Serikat Distrik Timur New York, Brooklyn, menyampaikan hal tersebut pada Senin (27/09/2021) waktu setempat. Juri yang terdiri dari tujuh pria dan lima wanita juga menyatakan Kelly bersalah atas sembilan tuduhan, termasuk pemerasan.

Sebelumnya, R. Kelly selama puluhan tahun menghindari tanggung jawab pidana atas berbagai tuduhan pelanggaran seksual dengan wanita muda dan anak-anak. Dengan adanya putusan juri, maka Kelly akan menghadapi hukuman puluhan tahun penjara.

Selain itu, Kelly juga dihukum karena tuduhan melanggar Undang-Undang Mann. Atas jeratan hukum ini, dia tidak diperbolehkan untuk membawa siapa pun melintasi batas negara bagian.

Bacaan Lainnya

Tuduhan kepada Kelly dimulai dari kasus yang terjadi pada 1994 lalu, ketika dia melakukan pernikahan ilegal dengan penyanyi Aaliyah, yang saat itu masih berusia 15 tahun. Namun, setelahnya Kelly masih terus melakukan rekaman dan konser.

Sejumlah artis lain juga masih terus merekam lagu-lagunya, bahkan setelah dia ditangkap pada 2002 dan menghadapi tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap seorang gadis berusia 14 tahun.

Profil R. Kelly

Robert Sylvester Kelly atau yang lebih dikenal dengan nama R. Kelly adalah seorang penyanyi asal Amerika Serikat. Selain menyanyi, dia juga seorang penulis lagu, produser rekaman dan mantan pemain bola basket profesional.

Baca Juga :   Profil Xu Jiayin, Pendiri Evergrande yang Berada di Ambang Kebangkrutan

Dia dikenal dalam berbagai lagu, terutama “I Believe I Can Fly ” dan “The Greatest World “. Bahkan, pada 1998, Kelly memenangkan tiga Grammy Awards untuk lagu “I Believe I Can Fly”.

Sebelumnya, pada 1996, Kelly juga sempat dinominasikan untuk Grammy karena menulis lagu Michael Jackson yang berjudul “You Are Not Alone”.

R. Kelly terdaftar di Billboard sebagai artis R & B atau Hip Hop paling sukses pada 1985-2010 dan artis R&B paling sukses dalam sejarah. Sepanjang karier bermusiknya, dia juga telah memenangkan berbagai penghargaan, termasuk Soul Train, Billboard dan American Music Awards. []

Pos terkait