Menghilangkan Bau Rokok di dalam Mobil Bisa dengan Bumbu Dapur

Bau di dalam mobil
Ilustrasi Pengharum Mobil. (Foto: Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id | Jakarta – Asap rokok, akan meninggalkan aroma yang tidak menyenangkan, apalagi di dalam mobil. Sementara mobil, banyak dibilang orang seperti rumah kedua, sehingga keadaannya harus dibuat senyaman mungkin agar perjalanan berkendara menyenangkan. Apabila kendaraan anda bau rokok, berikut tips untuk menghilangkannyaa: 

Sirkulasi Udara Perlu Diatur

Setelah menyalakan AC mobil, diamkanlah beberapa saat agar udara di dalam mobil bertukar dengan udara dari AC. Jika Anda tidak mau menyalakan AC, bisa juga menghilangkan bau rokok dengaan cara membuka jendela mobil ketika sudah terparkir di halaman rumah. Biarkan beberapa saat atau berkendara sekitar 10 hingga 15 menit di malam hari tanpa menyalakan AC dengan jendela mobil teetap terbuka. 

Bacaan Lainnya

Aktifitas ini, membuat bau asap rokok di dalam mobil berganti dengan udara luar yang segar. Sedangkan saat malam hari, dinilai tepat sebab udara kala itu tidak terlalu panas agar kita tidak terpapar sinar matahari yang dapat merusak kulit tubuh.

 Sering Buang Sampah dari dalam Mobil

Sebaiknya, Anda menyediakan tempat sampah kecil di dalam mobil, agar ketika kita makan di dalam mobil, bungkus makanan tidak sembarangan dibuang di jalan. Tempat sampah di dalam mobil penting, namun jangan sampai membiarkan sampah tersebut menumpuk. Dengan kata lain kita harus sering-sering membuangnya.

Sebab, bau asap rokok akan semakin tidak karuan dan membuat kita tidak nyaman saat bercampur dengan bau sampah, meskipun Cuma sampah kering bungkus cemilan. Setidaknya, tanpa sampah di dalam mobil akan membuat suasana di dalam mobil lebih rapih dan tidak sumpek.

Gunakan Pengharum Mobil

Pengharum mobil paling sering dilakukan untuk menghilangkan aroma rokok di mobil. Wangi pengharum mobil, akan cepat menyebar serta menambah kesegaran yang menenangkan pikiran.

Tetapi, pengharum mobil tidak akan mempan mengusir bau asap rokok jika baunya sudah melekat atau membandel. Seringkali bau pengharum ruangan menjadi bercampur dengan bau rokok yang justru akan membuat kalian pusing kepala.

Bau Rokok Juga Bisa Hilang Pakai Bumbu Dapur Lho

Baca Juga :   AS Bakal Kurangi Kandungan Nikotin Dalam Rokok

Bumbu dapur, bisa juga digunakan sebagai pengharum mobil dan lebih ampuh menghilangkan bau rokok. Bumbu dapur yang dicoba seperti bubuk vanila, bubuk kopi, bubuk kayu manis, baking soda, hingga cuka.

Caranya mudah sekali, kalian tinggal membungkus bumbu-bumbu dapur dalam suatu kantong tipis dengan serat yang lebar. Kemudian taruh bungkusan bubuk vanila, bubuk kayu manis, atau bubuk kopi di bawah kabin. Biarkan semalaman di dalam mobil sampai esok hari, maka aroma vanila, kayu manis, atau kopi akan menyebar menggantikan bau rokok yang tidak sedap.

Ternyata, Bumbu Dapur Bisa Hempaskan Bau Rokok di Kabin Mobil - Otomotif Liputan6.com

Jika kalian memilih menggunakan baking soda, bisa juga ditaburkan di kabin. Biarkan beberapa hari dan lakukan penggantian selama dua hari sekali. Bahkan, ada cara yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan cuka. Caranya, cukup taruh cuka di sebuah gelas kecil lalu taruh di kabin. Biarkan semalaman hingga besok bau rokok menghilang.

Lap dan Vacuum Interior dalam Mobil

Namun terkadang, bau rokok masih tidak bisa hilang meski kita sudah menyalakan AC mobil beberapa lama dan membuka jendela selebar mungkin. Ini, lantaran asap rokok sudah menempel pada bagian-bagian dalam mobil seperti setir kemudi, jok, sampai bagian karpet.

Untuk mengatasi bau rokok membandel, bersihkan interior mobil dengan mengelap dan melakukan vacuum cleaning. Selain untuk menghilangkan bau asap rokok, kegiatan itu bisa membersihkan jok dan interior mobil dari tungau loh.

Ke Salon Mobil dan Ganti Interior

Jika bau asap rokok di dalam mobil sudah parah dan tidak mau hilang dengan sejumlah tips di atas, maka keputusan bijak adalah dengan membawa mobil Anda ke salon mobil atau mengganti interiornya.

Bau asap rokok sulit dihilangkan bila, sudah menempel di suatu benda terlalu lama dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu panjang. Sehingga solusinya adalah dengan mengganti karpet, sarung jok, sarung stir kemudi, hingga pelapis kap mobil.

Jangan ulangi kebiasaan merokok didalam mobil setelah mengganti interior. Jika terpaksa harus merokok di dalam mobil, bersihkan dengan cara mengelap jok dan bagian interior lainnya dengan segera agar asap rokok tidak menempel terlalu lama. []

Pos terkait