Rawat AC mobil, Jangan Tunggu Sampai Tidak Dingin

AC Mobil
ILustrasi AC Mobil. (Foto: Pelopor.id/Lokadata)

Pelopor.id | Jakarta – Bagi pengguna kendaraan roda empat, Air Conditioner atau biasa disingkat dengan AC memiliki peran yang cukup penting untuk mendinginkan kabin mobil.  Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. AC mobil, bahkan menjadi bagian yang tidak terpisahkan saat berkendara.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan AC mobil secara berkala, jangan tunggu sampai tidak dingin baru melakukan perawatan. Paling mudah, perawatan bisa dilakukan dengan rutin mengganti filter kabin dan membersihkan blower AC. Proses ini setidaknya bisa Anda lakukan setiap 6 bulan sekali atau setiap 10 ribu kilometer.

AC Mobil
Ilustrasi AC Mobil (Foto: Pelopor.id/Getty Immage)

Masalah yang kerap menghinggapi AC mobil seperti asap rokok yang bisa masuk ke bagian dalam AC dan sulit dikeluarkan kembali. Asap rokok akan menyumbat aliran udara AC dan merusak sistem perangkat tersebut.

Bacaan Lainnya

AC mobil juga sering kali tak bekerja maksimal lantaran Kadar freon yang menyusut karena kebocoran pada rangkaian sistem pendingin mobil. Kebocoran itu sendiri, bisa terjadi di sambungan selang yang sudah getas, kondensor yang mengalami korosi, selang sudah lapuk atau jarang dibersihkan, dan keretakan pada kompresor AC.

Cara yang bisa Anda lalkukan untuk mengatasi hal ini, seperti mengisi ulang freon, Mengganti sambungan selang dengan yang baru atau membersihkannya. Bisa juga dengan mengganti kondensor dan kompresor.

Selain itu, masalah sistem kelistrikan yang dapat memicu kerusakan seperti pada kabel, sakelar, sekering, relai, dan komponen lain dari sistem kelistrikan membawa daya ke unit AC . Jika satu bagian gagal, maka yang lain akan mengalami gangguan. Masalah yang timbul adalah kebakaran atau kroslet. Berarti, sekering tunggal dapat menyebabkan seluruh AC tidak bekerja.

Baca Juga :   TeRuCi Chapter Tangerang Menggelar Donor Darah

Lalu, masih banyak orang memiliki kebiasaan membuka kaca mobil saat AC menyala. Padahal, itu akan menguras tenaga AC dan menyebabkan sistem AC bekerja kurang efisien disamping juga menyebabkan udara kotor masuk ke dalam mobil.

Selanjutnya, filter udara juga bisa menyebabkan masalah pada AC mobil Anda jika itu kotor. Sebab, Filter udara kabin dapat menangkap debu, serangga, daun, dan beragam jenis kotoran kecil yang bisa masuk ke dalam mobil. Nah, bila Filter udara kotor dapat menghambat kemampuan pendingin udara dan bisa menyebabkan tekanan yang kurang maksimal. []

Pos terkait