Pelopor.id | Jakarta – Masa pandemi telah menjadi keuntungan bagi trio perusahaan yang mendominasi komputasi awan. Ketika ekonomi memasuki fase gejolak lainnya, Amazon.com Inc., Microsoft Corp. dan Google kini tampaknya siap untuk memperpanjang kekuatan mereka.
Menurut Synergy Research Group, ketiga perusahaan itu menyumbang 65% dari USD 53 miliar dalam pengeluaran layanan cloud global pada kuartal pertama tahun ini, naik dari 52% dari penjualan global empat tahun lalu.
Sejumlah analis memprediksi, kendali mereka terhadap pasar yang penting dan berkembang pesat akan terus berlanjut lantaran ukuran mereka membuat mereka lebih mampu untuk terus berinvestasi dan menarik klien yang mencari stabilitas di masa yang penuh gejolak.
Menurut Synergy, meskipun mapan, unit cloud Amazon, Microsoft, dan Google Alphabet telah berkembang seperti perusahaan rintisan, dengan penjualan tumbuh lebih dari 30% dari tahun ke tahun di kuartal terakhir, sementara layanan cloud yang lebih kecil mengalami penurunan pangsa pasar akibat lebih banyak pengeluaran cloud bermigrasi ke platform terbesar.
Pandemi mendorong pengeluaran secara luas pada layanan komputasi jarak jauh yang dikenal sebagai cloud karena lebih banyak kehidupan dan pekerjaan bergeser secara online.
Semakin besar jaringan server farm tersebut, semakin rendah biaya rata-rata untuk membangun dan menjalankannya, memberikan keunggulan bagi ketiga perusahaan tersebut. Mereka juga mendapatkan keuntungan dalam kemampuan mereka untuk mengembangkan chip lokal, perangkat lunak, dan teknologi lain untuk cloud.
“Kami telah berinvestasi cukup signifikan dalam bisnis ini selama 15 tahun, dan itu bukan sesuatu yang mudah untuk dikejar,” kata wakil presiden senior penjualan dan pemasaran di Amazon Web Services Matt Garman, seperti dikutip dari The Wall Street Journal.
Sementara itu, para analis memperkirakan, perusahaan kecil di sektor ini akan menghadapi lingkungan penggalangan dana yang lebih menantang, karena penurunan harga saham berarti investor kurang bersedia mengambil risiko besar.
Selain itu, pelanggan ingin mengkonsolidasikan pengeluaran mereka dan lebih cenderung memilih dan bertahan dengan pemain terbesar yang sering menawarkan lebih banyak keandalan dan serangkaian fitur yang lebih luas.[]