Banyak Perusahaan Tunda Rencana IPO di AS Akibat Pasar Bergejolak

0
Ilustrasi perdagangan saham. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Sejumlah perusahaan di Amerika Serikat (AS) menunda rencana penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO), akibat bergejolaknya kondisi pasar saat ini.

Terbaru, perusahaan teknologi asuransi TypTap dan perusahaan perangkat lunak sumber daya manusia dan penggajian Justworks telah menunda rencana IPO mereka. Sebelumnya pada pekan lalu, operator rantai pakaian Authentic Brands Group Inc juga melakukan hal yang sama.

Pihak Justworks menyebutkan, salah satu alasannya menunda IPO adalah aksi jual baru-baru ini dalam saham teknologi dan kinerja buruk sejumlah perusahaan yang go public pada 2021.

Data Refinitiv yang dilaporkan Reuters (13/01/2022) menunjukkan, lebih dari 60 persen perusahaan yang go public tahun lalu, kini diperdagangkan di bawah harga IPO mereka.

TypTap Insurance Group Inc mengajukan IPO pada Agustus tahun lalu. Perusahaan yang berdiri sejak 2016 ini, mengumpulkan USD 100 juta dari dana yang berafiliasi dengan Centerbridge Partners pada Februari tahun lalu.

Sedangkan Justworks berdiri sejak 2012, yang memungkinkan penggunanya, baik perusahaan skala kecil maupun besar, bisa menangani penggajian, tunjangan, kepatuhan dan SDM termasuk karyawan paruh waktu.

Awalnya, Justworks berniat listing di bursa Nasdaq dengan menawarkan 7 juta saham, bernilai antara USD 28 dan USD 32 per saham. Setelah listing, sahamnya akan dicatatkan dengan simbol “JW”. []

Baca juga: IPO LG Energy Solution Masuk Tahap Penawaran, Raih USD 80 Miliar