Hyundai Gagal Penuhi Target 2021 Akibat Krisis Chip Global

0
Ilustrasi salah satu produk mobil Hyundai. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Perusahaan otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai Motor Co, gagal memenuhi target penjualannya secara global pada tahun 2021. Salah satu pemicu utama kegagalan itu adalah terjadinya gangguan pasokan chip di pasar global.

Penjualan Hyundai Motor di seluruh dunia pada tahun 2021 tercatat hanya mencapai sekitar 3,89 juta kendaraan. Sebelumnya, perusahaan itu menargetkan penjualannya bisa mencapai 4 juta kendaraan, seperti dikutip dari Reuters.

Padahal, target itu sendiri telah direvisi sekitar 4 persen pada Oktober 2021, ketika terjadi kekurangan pasokan chip secara global. Awalnya, Hyundai mematok target penjualan sebanyak 4,16 juta kendaraan pada tahun 2021.

Baca juga: Krisis Chip Global, Samsung Buka Pabrik di Texas AS

Untuk tahun 2022 inipun, Hyundai menetapkan target penjualan yang tidak berbeda jauh dari tahun lalu. Perusahaan yang sering menjadi sponsor drama Korea ini berharap bisa meraih penjualan sebanyak 4,32 juta kendaraan sepanjang tahun ini.

Dalam pernyataan resminya, mereka berencana memperluas pangsa pasar dan memperkuat profitabilitas melalui upaya untuk menstabilkan pasokan dan permintaan chip.

Selain itu, Hyundai juga akan menyesuaikan jadwal produksi kendaraan mereka, memperkuat lineup kendaraan listrik serta mengoptimalkan laba dan rugi penjualan berdasarkan wilayah. []