Bank Sentral Tiongkok Berkomitmen Dorong Pasar Properti yang Sehat

0
Ilustrasi properti. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Bank sentral Tiongkok, People’s Bank of China (PBOC), menegaskan akan melindungi hak-hak hukum pembeli rumah dan berupaya memenuhi kebutuhan hidup mereka yang wajar.

Tidak hanya itu, pihak PBOC juga berjanji akan mempromosikan perkembangan yang sehat dari pasar real estate di Negeri Tirai Bambu.

Pernyataan yang dibuat PBOC ini dimuat setelah adanya pertemuan komite kebijakan moneter kuartal keempat. Pertemuan itu memberi tanda terbaru bahwa regulator Tiongkok agak mengurangi pembatasan pada sektor properti, sebagai salah satu upaya mencegah hard-landing.

Mengutip Reuters, PBOC menyatakan akan memprioritaskan stabilitas ekonomi, di tengah semakin parahnya lingkungan eksternal dan pandemi Covid-19 yang tak henti-hentinya terjadi di dunia. Seperti diketahui, setelah dunia diserang varian Delta, kini muncul varian Omicron.

Selain itu, bank sentral Tiongkok juga mengatakan akan menjaga kebijakan moneternya fleksibel dan tepat, serta likuiditas cukup memadai. Mereka akan memperkuat dukungan terhadap ekonomi riil, dengan bias terhadap perusahaan kecil.

PBOC menegaskan kembali bahwa pihaknya akan memperdalam reformasi pasar valuta asing (valas) dan meningkatkan fleksibilitas nilai tukar yuan sambil membimbing perusahaan dan lembaga keuangan di negaranya untuk menjaga risiko. []