Rusia Klaim Sputnik V Vaksin Covid-19 Paling Aman

0
Ilustrasi vaksin Covid. (Foto: Pelopor.id/Freepik)

Pelopor.id | CEO Russian Direct Investment Fund (RDIF) Kirill Dmitriev mengklaim Sputnik V buatan Rusia sebagai vaksin Covid-19 paling aman di dunia hingga saat ini. Ia juga meyakinkan bahwa Sputnik V adalah vaksin Covid-19 yang paling efektif.

“Data terakhir menunjukkan itu adalah yang terbaik, vaksin paling efektif dan teraman di dunia,” ujar Dmitriev, seperti dikutip dari TASS.

Sebagai buktinya, Dmitriev mengutip sebuah penelitian yang dilakukan di Hungaria yang menunjukkan bahwa efikasi Sputnik V adalah 98%, angka tertinggi di antara jenis vaksin Covid-19 lainnya.

“Artinya, orang yang disuntik Sputnik V terlindungi dari kematian akibat infeksi virus corona hingga 130 kali lebih baik daripada mereka yang tidak divaksinasi,” ucapnya.

Dmitriev juga menjelaskan, kemanjuran Sputnik V bertahan lebih lama dibandingkan vaksin lain dan memiliki efek samping yang jauh lebih sedikit. Di tengah kemunculan varian Omicron, ia juga yakin vaksin buatan Rusia tersebut sangat efektif melawan mutasi virus corona baru.

Ia mengklaim sistem Sputnik bisa beradaptasi dengan cepat, sehingga produksi vaksin baru bisa dilakukan dalam 2-3 bulan.

Sputnik V resmi terdaftar di Rusia pada 20 Agustus 2020. Sejak itu, Sputnik V juga menjadi vaksin Covid-19 pertama yang diakui secara resmi di dunia. Sampai sekarang, vaksin tersebut telah meraih izin penggunaan di 71 negara. []

Baca juga: BPOM Izinkan Penggunaan Vaksin Covid-19 Sputnik-V