Menteri Koperasi UKM Kunjungi Rumah Tenun

0

Pelopor.id – Komandan Koramil 03/Bandongan Kodim 0705/Magelang Kapten Infanteri Mabruron menghadiri kunjungan kerja (Kunker) Menteri Koperasi UKM RI Teten Masduki di Rumah Tenun Jl. Kaliangkrik KM 7 Dusun Jatilor Desa Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, Selasa (07/12/2012).

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki dalam kesempatan tersebut mengatakan, rumah tenun ini agar dikembangkan dengan maksimal, supaya lebih maju bisa bekerja sama dengan Koperasi Jawa Tengah.

“Saya nilai sudah cukup bagus untuk hasilnya karena bisa menghasilkan produk-produk expor, kembangkan terus untuk mutu dan kwalitas dan kembangkan pengetahuan masyarakat dengan cara pembelajaran untuk bekerja,” tuturnya.

Untuk kendala bahan baku, menurut Teten bisa di komunikasikan dengan Kadisdagkop Kabupaten Magelang atau Provinsi, dan mencari jalan keluarnya agar perekonomian masyarakat semakin meningkat.

“Terus kembangkan pelatihan-pelatihan agar kwalitas produk menjadi lebih bagus, tetap bekerjasama dengan pemerintah dan para usaha tenun lainnya, terutama para pengusaha bahan baku yang dibutuhkan,” ungkap Teten Masduki.

Sementara Sariyanto Sardi selaku pemilik rumah tenun mengatakan, rumah tenun ini sudah berdiri 35 tahun dan sampai saat ini masih bisa memproduksi tenun, dan intinya adalah untuk memberdayakan masyarakat, memberikan peluang pekerjaan untuk masyarakat Bandongan dan sekitarnya.

“Sampai saat ini kita juga masih membuka pelatihan untuk masyarakat, sampai sekarang masih ada 11 orang yang mengikuti pelatihan, kendala yang kita alami adalah untuk masalah bahan baku karena tidak semua tersedia di wilayah Magelang,” tegas Sariyanto.

Baca juga : 

Sariyanto juga menjelaskan, untuk bahan dirinya masih mengambil dari luar Bandongan, futsu dari Medan, enceng dari Sukoharjo, akar wangi dari Garut, pandan dari Borobudur, rami dari Wonosobo, dan bahan baku rami dari Rawa Pening tapi belum begitu laku karena kwalitas yang kurang baik.

“Keterbatasan bahan baku menjadi salah satu kendala dalam produksi, termasuk bahan dari rami dan serat pisang abaka dari Philiphine,” kata Sariyanto Sardi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Koperasi UKM, Deputi Perkoperasian, Staf Khusus Menteri, Kadiskop UKM Provinsi Jateng, pemilik Rumah Tenun Sariyanto Sardi, Muspika Bandongan, dan Kadisdagkop UKM Bandongan. (Tyo)