Kasus Omricon Bermunculan, WHO Keluarkan Travel Warning Baru

0
Ilustrasi masker dan bola dunia. (Foto: Pelopor/Pixabay)

Pelopor.id | Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengeluarkan peringatan perjalanan atau travel warning baru bagi mereka yang berniat ke luar negeri pada musim liburan ini, seiring dengan munculnya Covid-19 varian Omricon.

WHO menyarankan supaya orang yang belum sepenuhnya divaksinasi dan memiliki penyakit komorbid, termasuk orang berusia 60 tahun, untuk menunda perjalanan, seperti dikutip dari laman resmi WHO, Rabu (01/12/2021).

Seperti diketahui, mereka yang memiliki penyakit komorbid seperti penyakit jantung, paru-paru, kanker dan diabetes, memiliki risiko lebih parah jika terinfeksi Covid-19, bahkan bisa berujung pada kematian.

Baca juga: Omricon Meradang, China Akan Kirim 1 Miliar Vaksin ke Afrika

Selain itu, WHO juga mengingatkan agar semua orang tetap waspada terhadap tanda dan gejala Covid-19, segera mendapatkan vaksinasi bagi yang belum divaksin, dan tetap menggunakan masker dengan benar meski sudah divaksin.

Menurut WHO, varian Omicron menimbulkan risiko sangat tinggi secara global, sehingga mendorong banyak negara menutup perbatasan mereka. Setidaknya sudah ada 56 negara yang menerapkan pembatasan perjalanan yang berpotensi menunda masuknya varian baru.

“Varian Omicron akan terdeteksi di semakin banyak negara, karena otoritas nasional akan meningkatkan kegiatan pengawasan dan pengurutan genom mereka,” ujar WHO. []