Jumlah Perokok di Dunia Turun, WHO Tetap Desak Pengendalian Tembakau

0
Ilustrasi perokok. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyebutkan, dalam beberapa tahun terakhir, jumlah perokok di dunia terus menurun. Pada 2020, WHO mencatat ada sekitar 1,30 miliar perokok di dunia, turun sekitar 2% dari data dua tahun sebelumnya.

WHO pun memprediksi jumlah itu akan terus berkurang menjadi 1,27 miliar pada 2025. Namun, data WHO ini tidak termasuk dengan pengguna rokok elektrik.

Meski demikian, WHO mendesak negara-negara untuk meningkatkan langkah pengendalian lebih lanjut untuk menghentikan kecanduan tembakau.

Baca juga: Menghilangkan Bau Rokok di dalam Mobil Bisa dengan Bumbu Dapur

“Sangat menggembirakan melihat lebih sedikit orang yang menggunakan tembakau setiap tahun,” ujar Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari AFP.

Menurut WHO, lebih dari delapan juta orang meninggal akibat rokok setiap tahunnya. Dari angka itu, sekitar 1,2 juta orang adalah perokok pasif atau orang yang tidak merokok tapi terpapar asap rokok.

Terkait hal itu, WHO memperingatkan bahwa jumlah kematian tahunan akan terus meningkat bahkan ketika penggunaan tembakau terbilang menurun, lantaran tembakau membunuh penggunanya dan orang-orang yang terpapar emisinya secara perlahan. []