Google Punya Pragati OS, Apa Bedanya dari Android

0
Pragati OS
Pragati OS. (Foto: Pelopor/GSM Arena)

Pelopor.id | Jakarta – Google bekerja sama dengan Reliance Jio membuat sistem operasi (OS) mobile bernama Pragati OS. Reliance Jio adalah operator seluler di India. Sistem operasi ini masih berbasis Android. Lantas, apa perbedaannya dengan Android.

Dirangkum dari berbagai sumber, Selasa, 2 November 2021, Pragati OS adalah sistem operasi yang telah dioptimalkan agar berjalan lancar yang ditanamkan pada smartphone murah yang dirilis Jio di India.

Sistem operasi ini hampir mewarisi seluruh keunggulan Android Go yang dihadirkan untuk ponsel entry level, mulai dari Play Store, pembaruan melalui OTA, dan patch keamanan.

Baca juga :

Selain itu, aplikasi eksklusif di Android Go juga diintegrasikan ke dalam Pragati OS. Ada Camera Go, Google Maps Go, Google Go, Google Assistant dan lainnya yang semuanya dimaksimalkan untuk pengguna di India.

Aplikasi Camera Go di Pragati OS memiliki integrasi dengan Snapchat yang memberikan filter bernuansa Bollywood, serta Google Lens untuk penerjemahan 10 bahasa India. Sementara itu, Google Go akan menerjemahkan halaman ke dalam bahasa India dan dapat membacanya dengan suara keras.

Sedangkan, di Google Assistant Go, pengguna dapat berinteraksi dengan asisten digital dalam bahasa India dan mendapat respons dengan bahasa yang sama.[]