Krisis Chip, Apple Berpotensi Kurangi Produksi iPhone 13

0
iPhone 13 tampak belakang. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Apple Inc. kemungkinan akan memangkas produksi iPhone 13 sebanyak 10 juta unit akibat kekurangan chip global, seperti dilaporkan Bloomberg News pada Rabu (13/10/2021). Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu diprediksi akan memproduksi 90 juta unit model iPhone baru pada akhir 2021.

Berdasarkan laporan itu, Apple menyebutkan kepada produsennya bahwa jumlah unit akan lebih rendah lantaran pemasok chip, termasuk Broadcom dan Texas Instruments, tengah berjuang untuk mengirimkan komponen.

Kabar ini memicu saham Apple turun 1,2 persen dalam perdagangan setelah jam kerja, sementara Texas Instruments dan Broadcom turun sekitar satu persen, seperti dikutip dari Antara.

Krisis chip secara global ini telah memberikan tekanan besar pada industri, mulai dari industri elektronik hingga mobil, bahkan sampai membuat sejumlah produsen mobil harus menangguhkan produksinya untuk sementara waktu.

Meski demikian, dengan daya beli yang besar dan perjanjian pasokan jangka panjang dengan vendor chip, Apple disebut telah mengatasi krisis pasokan lebih baik dibanding sejumlah perusahaan lainnya.

Hal ini membuat beberapa analis memperkirakan bahwa model iPhone 13 yang dirilis pada September akan memiliki tahun penjualan yang kuat, karena para konsumen ingin meningkatkan perangkat untuk jaringan 5G. []