Xiaomi Kuasai Pasar Smartphone Indonesia

0
Xiaomi
Logo Xiaomi. (Foto:Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id | Jakarta – Merek smartphone Tiongkok, Xiaomi berhasil duduk sebagai penguasa baru pasar smartphone Indonesia di kuartal kedua tahun ini dari sisi shipment menurut riset IDC Indonesia.

Berdasarkan laporan IDC Indonesia, Xiaomi menguasai lebih dari 25 persen pangsa pasar smartphone Indonesia, yang pada kuartal kedua kemarin total pengirimannya menembus 10 koma 6 juta unit.

Sementara posisi kedua di tempati oleh Oppo yang menguasai sekitar 20 persen marketshare. Tercatat, Oppo berada diperingkat kedua setelah posisinya di segmen smartphone kelas menengah berharga 200 hingga sekitar 400 dolar amerika direbut oleh Xiaomi.

Kemudian, Vivo menduduki posisi ketiga dengan pangsa pasar lebih dari 15 persen dengan 90 persen pengirimannya berasal dari smartphone kelas bawah.

Samsung
Samsung

Sedangkan raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung mengalami penurunan penjualan di pasar smartphone Indonesia dan berada di posisi keempat dengan pangsa pasar yang sama dengan Vivo.

Menurut IDC, penyebabnya adalah kendala pasokan komponen, terlebih pada Galaxy A Series yang merupakan salah satu ponsel favorit di pasaran.

Selanjutnya, di posisi kelima ada realme yang memiliki persentase pangsa pasar di atas 10 persen. Ponsel-ponsel dari Seri C menjadi andalan realme, begitupun segmen smartphone 5G murah yang dijual mulai dari Rp3 jutaan. []