Indonesia Gandeng Turki Buat Pesawat dan Tank

0
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: Pelopor/Kemlu RI)

Pelopor.id | Dalam kunjungan Pemerintah Indonesia ke Turki, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, ada sejumlah kerja sama yang dibawa ke tanah air, salah satunya di bidang industri pertahanan, yaitu pengembangan pesawat terbang dan tank skala kecil.

“Saat ini kedua negara sedang dalam finalisasi perjanjian pertahanan untuk kemudian dapat ditandatangani. Salah satu kerja sama yang potensial adalah pengembangan bersama industri pertahanan termasuk pengembangan bersama, pesawat terbang dan produk tank skala kecil,” kata Retno Marsudi dalam keterangan pers, dikutip dari YouTube MoFA Indonesia (akun YouTube resmi Kementerian Luar Negeri RI), Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Arab Saudi Resmi Buka Pintu Umroh Bagi Indonesia

Selain itu, Menlu Retno juga menyebutkan bahwa Turki dan Indonesia akan mulai membahas konsultasi baru, antara lain mengenai pertemuan tahunan industri pertahanan dan pertemuan dialog militer secara reguler. Kedua belah pihak juga akan melakukan pertemuan, yang disebut two plus two antara Menlu dan Menteri Pertahanan RI-Turki kemungkinan di akhir tahun ini atau di awal tahun depan.

Tidak hanya membahas kerja sama, sejumlah isu global juga dibahas dalam pertemuan Menlu RI dengan Turki, mulai dari isu krisis di Myanmar hingga Afghanistan.

“Krisis politik saat ini di Myanmar membuat upaya untuk menyelesaikan masalah di Rohingya ini menjadi semakin sulit dan kita memiliki keprihatinan yang sama terhadap krisis politik yang terjadi Myanmar. Terkait Afghanistan, kami menggarisbawahi kebutuhan dan kepentingan membantu mengatasi situasi politik dan aspek kemanusiaan,” kata Retno Marsudi.

Baca juga: Mendag Lutfi: Pemerintah Fasilitasi UKM untuk Go Global

Dalam kunjungan ke Turki kali ini, Menlu Retno Marsudi didampingi oleh tim dari Kementerian Kesehatan, Pertamina dan PT Waskita Karya. Secara terpisah, Kementerian Kesehatan, Pertamina dan PT Waskita Karya juga melakukan pertemuan dengan masing-masing rekannya. []