Fumio Kishida Resmi Menjadi Perdana Menteri Jepang yang Baru

0
Fumio Kishida
Perdana Menteri Jepang yang baru Fumio Kishida. (Foto:Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id | Jakarta – Fumio Kishida resmi menjadi perdana menteri Jepang setelah mengalahkan kandidat lainnya dari kubu oposisi, yakni Yukio Edano dalam pemungutan suara parlemen pada hari ini, Senin, 4 Oktober 2021. Suara yang diperoleh Kishida di majelis rendah parlemen Negeri Matahari Terbit itu mencapai 311 sedangkan rivalnya, Yukio hanya mengantongi 124 suara.

“Kami menunjuk Fumio Kishida sebagai perdana menteri,” tutur ketua Majelis Rendah parlemen Jepang, Tadamori Oshima setelah melangsungkan pemungutan suara, dikutip dari AFP.

Sejatinya, Fumio Kishida sudah diprediksi kuat bakal menjadi Perdana Menteri Jepang yang baru setelah menang dalam pemilihan ketua partai berkuasa, LDP pada pekan lalu. Sementara Kishida diperkirakan tak akan mengubah kebijakan pemerintah terdahulu secara signifikan .

Kabinet baru Kishida akan diumumkan dalam waktu dekat. Media Jepang menyebut, ia diprediksi akan mempertahankan beberapa menteri pemerintahan sebelumnya. Seperti Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi, dan Nobua Kishi sebagai Menteri Pertahanan.

“Kami menunjuk Fumio Kishida sebagai perdana menteri.”

Sedangkan Menteri Keuangan kabarnya akan dijabat oleh Shunichi Suzuki, menggantikan saudara iparnya sendiri, Taro Aso. Suzuki adalah seorang politikus veteran sekaligus putra mantan perdana menteri. Di pemerintahan sebelumnya, Suzuki menjabat sebagai Menteri Olimpiade dan Menteri Lingkungan.

Kishida, juga disebut akan melibatkan tiga perempuan di kabinetnya, antara lain, Seiko Noda yang akan bertanggung jawab menangani penurunan angka kelahiran Jepang. Selain itu, Jabatan menteri vaksin dan menteri digital juga diberikan kepada perempuan. Selain itu, ada juga orang baru di jajaran kementeriannya. []