Penggemar K-Pop Bersedih, Akun Fans BTS hingga Blackpink Diblokir Pemerintah China

0
Blackpink
Blackpink.(Foto: Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id | Jakarta – Penggemar K-Pop bersedih lantaran pemerintah China memblokir sementara 21 akun fans idola mereka di platform Weibo, Twitter versi negara tersebut.

Alasannya, puluhan akun tersebut dianggap memiliki “perilaku mengejar idola yang tidak rasional”. Akun-akun yang ditangguhkan selama 30 hari itu, merupakan milik penggemar artis K-Pop terkenal, mulai dari EXO, BTS dan Blackpink, juga NCT, Red Velvet, SNSD hingga penyanyi solo IU.

“Weibo menyebutnya penggalangan dana secara illegal.”

Dalam pernyataannya, Weibo akan menentang perilaku mengejar idola yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius. Weibo juga berjanji mempromosikan kegiatan itu secara rasional serta mengatur ketertiban masyarakat.

Akun tersebut ‘ditempeli’ pernyataan, “Akun ini untuk sementara dilarang mengunggah karena melanggar peraturan komunitas Weibo.” Tidak hanya akun yang di-suspend, Weibo juga menghapus konten yang menyebabkan penangguhan. Misalnya, akun milik fans personil BTS Jimin yang ditangguhkan selama 60 hari.

Penyebabnya, lantaran foto-foto gambar wajah Jimin terpampang secara online di badan pesawat pada minggu lalu. Kejadian ini, terkait perayaan ulang tahun sang penyanyi. Untuk itu, Fans Tiongkok beramai-ramai menggalang dana untuk merayakan hari kelahiran sang bintang.

“Weibo menyebutnya penggalangan dana secara illegal,” sebut Yonhap.

Pemerintah china, memang telah mengumumkan langkah-langkah khusus sebelumnya untuk mengendalikan pemujaan selebriti dan budaya klub penggemar. Termasuk, melarang anak di bawah umur membelanjakan uang untuk mendukung idola mereka.

Hal serupa sebelumnya juga menimpa artis China Zhao Wei. Seluruh informasi serta hal-hal yang berhubungan dengan aktris senior Zhao Wei atau Vicki Zhao menghilang dari internet sejak Kamis pekan lalu tanpa alasan yang jelas.

Nama Vicki Zhao dari serial, film, video pendek layanan streaming China,seperti Tencent Video, iQIYI, dan Youku juga menghilang begitu saja. Acara-acaranya memang masih bisa disaksikan, tetapi keterangan keterlibatan Zhao dihilangkan. []