Cara Mencerahkan Bibir Hitam Secara Alami

0
Cara Mencerahkan Bibir Hitam
Ilustrasi bibir sehat. (Foto:Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Jakarta – Bibir lembut merah muda merona menjadi dambaan setiap wanita. Sebab, akan memberikan nilai tambah kecantikan wajah, dan membuat senyum terlihat lebih indah.

Belakangan ini, sebagian besar wanita dewasa menghadapi masalah bibir hitam, yang disebabkan minum teh atau kopi yang terlalu banyak, terpapar sinar matahari atau perawatan yang tidak tepat. Selain itu, merokok juga dapat mengakibatkan bibir menjadi hitam.

Untuk mengatasi pigmentasi hitam dari bibir Anda, bisa melalui resep alami Berikut ini:

Almond Oil

Ingin Bibir Merah? Pakai Saja Minyak Almond

Almond oil, dipercaya mampu mencerahkan bibir lantaran sifat emolien dari minyak almond akan melembutkan dan meremajakan kulit. Sedangkan sifat sclerosant pada almond oil, akan membantu meringankan bibir sehingga mencegah bibir berubah warna menjadi gelap. Caranya cukup mudah, oleskan saja minyak almond pada bibir Anda satu sampai dua tetes sebelum tidur lalu pijat perlahan selama 1 sampai 2 menit.

Lemon dan Madu

Bukan Sulap, Ternyata Pakai Bahan Ini Bisa Jadi Cara Memerahkan Bibir Tanpa  Waktu Lama

Lemon akan bekerja untuk mengelupaskan bibir dari warna gelap, sementara madu bermanfaat untuk membuat bibir Anda berwarna merah muda. Caranya, oleskan bibir dengan campuran lemon dan madu kemudian biarkan selama satu jam sebelum menyekanya dengan kain basah yang lembut.

Cara ini, bisa dilakukan setiap sekali sehari untuk menghilangkan warna ‘tan’ dan pigmentasi kulit bibir. Resep ini, juga bisa didinginkan dilemari es, jika ingin digunakan selama seminggu.

Kunyit dan Susu Bubuk

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2010, kunyit dapat bertindak sebagai penghambat melanin. Cara menghilangkan bibir hitam dengan kunyit, cukup siapkan 1 sendok makan susu, bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta. Gosokkan pasta tersebut ke bibir dengan ujung jari Anda, diamkan di bibir sekitar 5 menit lalu dibilas perlahan dengan air dingin.

Jus Mentimun

7 Khasiat Makan Mentimun Setiap Hari | Radio Suara Wajar 96.8 FM

Sering Minum jus mentimun akan sangat membantu untuk mencerahkan bibir hitam. Vitamin C dalam mentimun mampu meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan banyaknya kandungan air dalam mentimun mampu mengurangi dehidrasi yang terjadi di kulit, apalagi bagian bibir Anda.

Buah Bit

20 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Hingga Kecantikan - seruni.id

Caranya mudah sekali, cukup Iris buah bit merah lalu simpan di dalam kulkas. Kemudian pijat bibir Anda sepotong buah bit yang dingin tadi di waktu luang Anda. Bisa dilakukan sambil menonton acara televisi sambil memegang sepotong buah bit dan mengoleskannya pada bibir. Warna bibir akan menjadi pink dalam beberapa hari.

Menjaga Tubuh Agar Selalu Terhidrasi

Merawat kesehatan dan keindahan bibir, tak cukup hanya menggunakan perawatan dari luar saja. Tentunya, perawatan kesehatan dari dalam juga diperlukan. Untuk membuat tubuh selalu terhidrasi dengan baik setiap hari, minum air setidaknya 8 sampai gelas air putih perhari. Sebab, dehidrasi juga merupakan salah satu faktor penyebab bibir berwarna hitam.

Produk Perawatan Bibir

Bibir menghitam, mungkin karena Anda alergi oleh produk lipstik murah. Maka dari itu, hindarilah menggunakan merek lipstik yang kurang umum digunakan orang. Sebaiknya, gunakan produk yang telah memiliki nama baik.

Lidah Buaya

Bukan cuma bagus untuk kulit, lidah buaya juga punya banyak manfaat lain -  Kitchen of Indonesia

Gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan bibir hitam lantaran mengandung senyawa penghambat produksi melanin. Caranya, oleskan tipis gel lidah buaya segar ke bibir Anda sehari sekali. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Langkah tersebut bisa diulangi sesuai dengan kebutuhan.

Buah Delima

Ekstrak buah delima, dipercaya dapat meringankan hiperpigmentasi kulit efeknya akan mencerahkan warna bibir Anda. Caranya, siapkan 1 sendok makan biji delima, 1 sendok teh air mawar, 1 sendok makan susu segar.

Campur semua bahan tersebut, aduk sehingga menjadi pasta. kemudian pijat lembut pasta tersebut ke bibir selama kurang lebih 3 menit lalu bilas bibir dengan air dingin. Langkah ini bisa dilakukan setiap hari atau sesuai kebutuhan.

Demikian cara mencerahkan bibir hitam secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba.[]