Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Ilustrasi wajah berjerawat. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Kulit wajah berminyak dan berjerawat sudah umum menjadi masalah bagi kebanyakan orang Indonesia.

Salah satu keunggulan memiliki kulit berminyak adalah wajah Anda akan tampak awet muda. Namun tidak dipungkiri, tantangannya lebih besar bagi mereka yang menderita jerawat biasa.

Meski demikian, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah kulit Anda yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Bacaan Lainnya

1.Gunakan tabir surya berbahan aktif zinc oxide

Pilihlah produk berbentuk lotion yang mengandung bahan aktif zinc oxide dan atau titanium dioxide yang terbukti mampu mencegah timbulnya jerawat. Perlu diingat juga bahwa perlindungan matahari yang tepat mampu membantu mencegah pigmentasi.

2.Bersihkan wajah pagi dan malam

Bersihkan wajah dua kali sehari di pagi dan malam hari, menggunakan pembersih wajah ringan yang larut dalam air untuk menghilangkan minyak berlebih dan menghindari penumpukan di pori-pori. Namun, Anda harus menghindari bahan yang memperparah, seperti scrub dan alat pembersih yang keras.

  1. Gunakan serum mengandung benzil peroksida

Gunakan serum yang mengandung benzil peroksida untuk membantu mengatur produksi minyak di siang hari sambil mengurangi kemerahan dan peradangan. Sedangkan untuk malam hari, Anda dapat menggunakan serum retinol untuk menjaga kulit tetap bersih dan segar.

  1. Gunakan pelembab wajah berbahan dasar air

Meski kulit wajah Anda berminyak, namun tetap perlu terhidrasi dengan baik agar dermis berfungsi dan terlihat sehat. Saat memilih pelembap, Anda harus fokus pada formulasi berbahan dasar air yang ringan dan bebas minyak.

  1. Gunakan toner eksfoliasi bebas alkohol
Baca Juga :   Softbank Pimpin Putaran Pendanaan USD 40 juta untuk Apollo Agriculture

Langkah terpenting dari rutinitas ini adalah gunakan toner eksfoliasi yang bebas alkohol dan diformulasikan dengan baik. Gunakan toner eksfoliasi yang mengandung BHA, seperti asam salisilat, karena larut dalam minyak dan dapat masuk jauh ke dalam pori-pori, membukanya dari akar dan mencegah timbulnya komedo hitam dan putih. []

Baca juga: Tiga Faktor Penyebab Jerawat Batu

Pos terkait