Mengenal Ikan Gurami Bima yang Dikembangkan KKP

- Editor

Minggu, 22 Agustus 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gurami Bima. (Foto:Pelopor.id/KKP)

Gurami Bima. (Foto:Pelopor.id/KKP)

Pelopor.id | Jakarta – Ikan air tawar, gurami (Osphronemus gouramy) sangat populer di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain enak untuk dikonsumsi, Gurami juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik untuk tubuh karena mengandung protein, vitamin A dan B, serta asam amino. Selain itu, gurami memiliki kadar air tinggi dan kandungan lemak yang rendah.

Gurami sendiri merupakan komoditas penelitian Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Melalui risetnya, BRPI menghasilkan benih ikan gurami hibrida unggulan yang dihasilkan dari perkawinan silang antara gurami jantan Jambi dengan gurami betina Majalengka yakni, gurami Bima.

Gurami Bima
Gurami Bima. (Foto:Pelopor.id/KKP)

Berdasarkan uji lapangan, gurami Bima terbukti lebih unggul dari ikan gurami lokal lainnya dalam sejumlah hal, diantaranya yakni tahan terhadap serangan penyakit, khususnya akibat bakteri mycobacterium fortuitum dan prospektif sebagai varietas ikan gurami unggul tumbuh cepat.

Selain itu, gurami Bima juga bernilai ekonomis penting, karena mempunyai nilai pasaran yang tinggi, volume produksi makro yang tinggi dan luas, serta mempunyai daya produksi yang tinggi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, mencanangkan Kampung Gurami Bima di Nagari Suliki, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, tepatnya pada Juni 2021.

Gurami Bima
Gurami Bima. (Foto:Pelopor.id/KKP)

Pembangunan kampung-kampung perikanan budidaya tawar, payau, dan laut berbasis kearifan lokal, merupakan satu dari tiga program terobosan KKP yang digaungkan Menteri Trenggono. Program ini pun terus digiatkan di seluruh pelosok Indonesia, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Kabupaten Limapuluh Kota, dipilih sebagai lokasi Kampung Gurami Bima, dikarenakan potensial dalam pengembangan perikanan air tawar yang ditunjang dengan letak geografis yang strategis dan dilengkapi dengan kekayaan sumber daya genetik ikan pada 15 aliran sungai besar, dengan ditemukan 589 jenis ikan air tawar di perairan Sumatera Barat.

Keberadaan ikan gurami di Kabupaten Limapuluh Kota juga sangat penting karena ikan ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan adat dan budaya masyarakat setempat.

Gurami Bima
Benih Gurami Bima. (Foto: Pelopor.id/KKP)

Kampung Gurami Bima di Limapuluh Kota, diharapkan dapat mengoptimalkan produksi benih per tahun sebanyak 150 juta ekor benih (peningkatan sebesar 55 persen) dan mampu menjadi kabupaten yang mandiri dalam penyediaan benih gurami dan meningkatkan produktivitas perikanan budidaya, serta membuka lapangan pekerjaan.

Baca Juga :   Mengenal Lele Mutiara "Bermutu Tiada Tara"

Awal mula penelitian Gurami Bima

Upaya peningkatan performa pertumbuhan gurami Bima dilakukan melalui program riset peningkatan mutu genetik, ‘Pembentukan Varietas Unggul Ikan Gurami Tumbuh Cepat’ yang dimulai pada tahun 2014. Penelitian ini dimulai dengan melakukan koleksi ikan gurami dari beberapa populasi yang berbeda. Antara lain Majalengka, Tasikmalaya, Jambi dan Kalimantan.

Di tahun 2015, dilakukan karakterisasi genotipik dengan hasil yang menunjukkan bahwa populasi Jambi dan Majalengka memiliki hubungan kekerabatan paling jauh, sehingga potensial untuk digunakan dalam upaya pemuliaan melalui program hibridisasi.

Pada tahun 2016-2017, dilakukan evaluasi performa pertumbuhan, dimana hasilnya menunjukkan bahwa persilangan antara induk betina gurami Majalengka dengan induk jantan gurami Jambi terbukti memiliki nilai heterosis yang tinggi, yaitu sebesar 32,68 persen pada umur 14 bulan. Hal tersebut menunjukkan bahwa ikan gurami hibrida prospektif sebagai varietas ikan gurami unggul tumbuh cepat.

Pada tahun 2018, uji multilokasi pun dilakukan dan menunjukkan hasil bahwa ikan gurami hibrida ini memiliki pertumbuhan 26,97 persen lebih cepat daripada ikan gurami lokal di Tulungagung.

Gurami Bima
Gurami Bima. (Foto: Pelopor.id/KKP)

Sedangkan hasil uji multi-lokasi di Sukamandi menunjukkan bahwa ikan gurami hibrida tumbuh cepat memiliki pertumbuhan 17,18 persen lebih cepat daripada ikan gurami Galunggung Super.

Berdasarkan hasil pengujian performa ketahanan terhadap infeksi bakteri Aeromonas hydrophila dan bakteri Mycobacterium fortuitum, juga menunjukkan bahwa benih ikan gurami hibrida ini memiliki ketahanan yang lebih tinggi daripada benih ikan gurami Galunggung Super hasil rilis Balai Pengembangan Budidaya Ikan Gurami dan Nilem (BPBIGN) Singaparna.

Sementara itu, berdasarkan hasil uji toleransi lingkungan, didapatkan bahwa benih ikan gurami hibrida ini memiliki ketahanan toleransi yang lebih tinggi terhadap paparan cekaman suhu, salinitas serta pH.

Pemilihan nama Bima untuk ikan gurami hibrida hasil pemuliaan tersebut bukan semata karena perkawinan silang antara gurami jantan Jambi dan gurami betina Majalengka, namun juga terinspirasi dari tokoh perwayangan, di mana terdapat sosok Bima yang hebat dan bertubuh kuat, layaknya potensi yang dimiliki gurami hibrida tersebut. []

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Tiket Harga Khusus Synchronize Fest 2024 DiJual Bareng Rilis Video After Movie
Gitaris Abih RV Rilis Album Perdana Bertajuk First Vault
Indonesia Perlu Capai 5 Parameter ini untuk Jadi Negara Maju
Erick Thohir Komentari Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tembus 1 Juta
Organ Relawan Prabowo-Gibran, ARBI Gelar Dialog Dukung Kampanye Damai
Kerja Bareng Kertabumi, Gatsby Tanam 1000 Pohon Mangrove di PIK
Sejarawan dan Akademisi Desak Presiden Beri Gelar Pahlawan Nasional ke Tuan Rondahaim Saragih
DPR Usul Harga Gas Alam Rumah Tangga Disubsidi Seperti Gas Melon 3 Kg

Berita Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 22:50 WIB

Peggy Gou hingga The Adams Masuk Line Up Resmi We The Fest 2024

Kamis, 18 April 2024 - 21:46 WIB

BermusikGitar Gagas Kompetisi Gitar Bertajuk Strings of Glory 2024

Kamis, 4 April 2024 - 19:17 WIB

Politikus Boy Warongan Rilis Single Juang Angan Ciptaan Ade Paloh

Jumat, 29 Maret 2024 - 01:47 WIB

Smash hingga Agnez Mo Bakal Tampil di SOORA Music Festival 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 22:09 WIB

Vokalis Grup Band SORE, Ade Paloh Meninggal Dunia

Jumat, 15 Maret 2024 - 13:22 WIB

Promotor Color Asia Live Boyong Alan Walker Konser di Indonesia

Kamis, 14 Maret 2024 - 04:11 WIB

Terinspirasi Pengalaman Nonton Festival Musik, Vania Abby Lepas Single LouD!

Kamis, 14 Maret 2024 - 01:38 WIB

Gandeng Mustafa DEBU, Indomusik Team Rilis Single Religi Bertajuk IMA

Berita Terbaru