DNIKS dan Marcommads Lahirkan Konten Kreator Anak Berkebutuhan Khusus Lewat Acara Demo Masak

- Editor

Minggu, 15 Oktober 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suasana acara demo masak persembahan Srikandi Pintar Indonesia dan Sajian Sejap. (Foto: Istimewa)

Suasana acara demo masak persembahan Srikandi Pintar Indonesia dan Sajian Sejap. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Dewan Nasional Indonesia Untuk Kesejahteraan (DNIKS) berkolaborasi dengan Marcommads menyelenggarakan pelatihan konten kreator untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Gedung DNIKS, Jakarta, pada Sabtu, 14 Oktober 2023 kemarin.

Anak disabilitas yang terdaftar mengikuti pelatihan konten kreator ini mencapai 40-an orang. Namun, yang dapat melanjutkan kegiatan ini mencapai 16 anak dengan didampingi orangtuanya.

Kegiatan pelatihan konten kreator untuk anak special needs ini rencananya akan diselenggarakan secara berkelanjutan hingga akhir tahun 2023. Acara pelatihan perdana tersebut dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum Dewan Nasional Indonesia Untuk Kesejahteraan (DNIKS), Tantyo Sudharmono.

Pada kesempatan tersebut, Tantyo Sudharmono mengaku merasa bahagia dan senang melihat antusiasme para anak disabilitas dan orangtuanya untuk mengikuti pelatihan ini.

“Selama sekian tahun ini saya memimpin DNIKS sudah banyak melakukan kegiatan untuk anak berkebutuhan khusus seperti down syndrome, ADHD dan sebagainya,” ucap Tantyo.

Tantyo Sudharmono juga menegaskan, dua faktor yang paling penting dibutuhkan oleh anak-anak special needs yaitu cinta dan dukungan atau peran dari lingkungan terdekat yaitu orangtua. “Cinta dan dukungan dari keluarga serta lingkungan sangat penting,” kata dia.

Tantyo juga bilang kegiatan pelatihan konten kreator untuk anak berkebutuhan khusus ini dapat mengasah kreativitas dan inovasi. Dengan demikian, kemampuan otak terus terasah termasuk kemampuan mengatur emosi.

“Semoga Tuhan memberikan rahmat, hidayah, dan taufik serta rida atas upaya yang sangat mulia ini,” ujar dia.

Tantyo Sudharmono juga mengatakan bahwa pihak DNIKS berharap kerja sama dengan Marcommads dalam penyelenggaraan pelatihan konten kreator untuk anak berkebutuhan khusus ini terus berkesinambungan.

“Nanti ada sesi pembekalan khusus untuk orangtua karena juga sama pentingnya. Selain dukungan, pengetahuan para orangtuanya juga perlu terus ditambah,” tuturnya.

“Semoga kerja sama ini bisa diteruskan tidak hanya sampai tahun 2023 ini karena di Indonesia cukup banyak orang yang membutuhkan dukungan,” lanjutnya.

Baca Juga :   Ganjar Pranowo Kunjungi Rumah Makan Ayam Taliwang H Moerad NTB

Senada dengan Tantyo, Founder Marcommads Edulearn Center, RA Loretta Kartikasari juga berharap pelatihan ini dapat menghasilkan para konten kreator yang andal.

“Mama dan papa di sini berkolaborasi dengan anaknya menjadi konten kreator. Semoga perjalanan kita belajar pada hari ini bisa mewujudkan adik-adik menjadi konten kreator yang andal,” tutur perempuan yang akrab disapa Dya Loretta ini.

Usai sambutan dan pembukaan acara pelatihan tersebut, sejumlah anak disabilitas dan para orangtuanya mendapatkan materi pembelajaran tentang tips membuat konten oleh Arif Handoko, mentor dari Marcommads Edulearn Center.

Arif menjelaskan mengenai peralatan yang dibutuhkan dalam proses produksi konten, bagaimana membuat riset konten, dan sebagainya.

“Kita akan mencoba menggunakan kamera di handphone bagaimana membuat konten sekaligus mempromosikan Raisya Cookies. Kemudian, konten tersebut diposting di media sosial masing-masing peserta pelatihan. Nah, dalam hal ini perlu dijaga kekompakan antara orangtua dan anak,” ucapnya.

Kemudian, setelah mengikuti pembekalan cara membuat konten, para peserta pelatihan konten kreator ini mengikuti kegiatan praktek membuat konten dan dilanjutkan dengan sesi wawancara.

Setelah semua rangkaian kegiatan tersebut selesai, para peserta pelatihan konten kreator mengikuti aktivitas demo memasak yang diselenggarakan oleh Srikandi Pintar Indonesia bekerja sama dengan Sajian Sedap.

Pada sesi kali ini, Dya Loretta yang juga founder Srikandi Pintar Indonesia didampingi pendemo masak Sajian Sedap Resi Listiani membuat pangsit goreng sosis. Tak terkecuali, para anak berkebutuhan khusus juga diajak untuk membuat menu tersebut. Mereka tampak semangat dan antusias mencoba mengolah pangsit goreng sosis.

Seusai demo masak, panitia dan tim juri dari Marcommads Edulearn Center mengumumkan bahwa semua anak berkebutuhan khusus yang mengikuti pelatihan ini berhak untuk mengikuti tahap pelatihan selanjutnya.

“Selamat ya untuk adik-adik dan para orangtuanya!” kata tim juri. []

Facebook Comments Box

Berita Terkait

Resep Lemon Cheesecake in Jar
Jadi Peserta Gebyar Hari Koperasi ke-76 Kota Bekasi, Fiva Food Dipuji Walikota Tri Adhianto
Festival Musik dan Kuliner Mie & Music Experience Siap Digelar pada Mei 2023
11 Kuliner Keraton Mangkunegaran ini Dihadirkan Kemenparekraf dalam Gala Dinner IWTCF 2022
Resep Black Cherry Cheese Cake
Resep Tongseng Daging Kambing yang Empuk dan Lezat
Resep Martabak Teflon “Terang Bulan Pandan”
Resep Tumis Lokio Udang

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:19 WIB

Promo Khusus Pelajar dan Mahasiswa, Synchronize Festival 2024 Hadirkan Tiket Student Card

Kamis, 11 Juli 2024 - 19:55 WIB

We The Fest 2024 Edisi Anniversary Siap Digelar di GBK Jakarta

Rabu, 10 Juli 2024 - 23:12 WIB

Satu-satunya di Asia Tenggara, Neck Deep Bakal Manggung di The Sounds Project 7

Rabu, 10 Juli 2024 - 22:35 WIB

Emma Elliot Manggung Bareng Vagetoz dan Sun Of Monday di Swag Event

Jumat, 5 Juli 2024 - 14:55 WIB

Daniel Rumbekwan, Efek Rumah Kaca, hingga VoB Ikut Lokakarya IKLIM

Kamis, 4 Juli 2024 - 21:14 WIB

Bless The Knights Perkenalkan Single Agathos Saat Tur Sulawesi Selatan

Kamis, 4 Juli 2024 - 13:22 WIB

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Bakal Manggung di Pestapora 2024

Rabu, 3 Juli 2024 - 16:36 WIB

Djakarta Warehouse Project 2024 Bakal Hadir di 13, 14, dan 15 Desember

Berita Terbaru