Taipan India Mukesh Ambani Beli Saham Mandarin Oriental New York

0
Ilustrasi Taipan India Mukesh Ambani. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Taipan India Mukesh Ambani mengambil alih saham mayoritas hotel bintang lima di pusat kota Manhattan, Mandarin Oriental New York, sebanyak 73,37 persen secara tidak langsung. Hal itu disampaikan dalam keterbukaan informasi perusahaan, pada Sabtu (8/1/2022), seperti dikutip dari Reuters.

Mandarin Oriental New York adalah salah satu dari 35 hotel yang dioperasikan oleh Mandarin Oriental Hotel Group di 24 negara di dunia.

Sedangkan Mukesh Ambani adalah orang terkaya ke-11 di dunia versi Bloomberg Billionaires Index, dengan nilai kekayaan mencapai USD 92,9 miliar. Ambani menguasai sejumlah jaringan bisnis di Mumbai, termasuk bisnis jaringan nirkabel 4G.

Dalam keterbukaan informasi perusahaan disebutkan bahwa pembelian saham dilakukan melalui anak usahanya, Reliance Industrial Investments and Holdings, dengan nilai transaksi mencapai USD 98,15 miliar.

Disebutkan juga bahwa pihak Reliance akan membeli seluruh modal saham yang dikeluarkan Columbus Center Corp., sebuah perusahaan yang berbasis di Kepulauan Cayman. Perusahaan itu adalah pemegang saham tidak langsung di hotel Mandarin Oriental New York.

Tidak hanya itu, Reliance juga menyatakan akan mengakuisisi sisa 26,63 persen dari pemilik saham lain, dengan valuasi harga yang sama. Perusahaan menargetkan transaksi ini bisa selesai pada akhir Maret. []