Apple Bayar Tim Cook Hampir USD 100 Juta

0
Sejumlah produk Apple. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Pelopor.id | Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook menerima gaji sebesar USD 98,7 juta per tahun. Angka itu naik lebih dari enam kali lipat dibanding upahnya selama 2020 yang senilai USD 14 juta, berdasarkan laporan proxy yang didaftarkan Apple, pada Kamis (6/1/2022).

Dari laporan itu diketahui bahwa upah yang diterima Tim Cook terdiri dari gaji pokoknya yang tetap USD 3 juta, insentif USD 12 juta dan bonus saham USD 82 juta. Selain itu, ada juga tambahan biaya keamanan dan penerbangan privat, lantaran Apple tidak membiarkan Cook terbang dengan pesawat komersial sejak 2017.

Jika ditotal, maka Apple mengeluarkan hampir USD 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun untuk membayar Cook selama setahun, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (9/1/2022).

Bayaran itu masih belum termasuk saham senilai lebih dari USD 750 juta yang akan diterima Cook pada akhir tahun, sebagai bonus terakhir yang menjadi bagian dari perjanjian saat ia pertama kali menjabat CEO Apple 10 tahun lalu.

Bonus tersebut diberikan lantaran Cook mampu memenuhi target yang ditetapkan saat ia menandatangani kontrak, yaitu return saham Apple selama tiga tahun terakhir harus lebih tinggi, dibanding return saham dua pertiga perusahaan yang ada di S&P 500.

Selama memimpin Apple, Cook mengeluarkan sejumlah inovasi, seperti meningkatkan ukuran layar iPhone terbesar menjadi 6,7 inch dan membuat Apple Pencil. Strategi itu terbukti efektif, lantaran pemasukan tahunan Apple terus meningkat signifikan. []

Baca juga: Nilai Pasar Apple Tembus US$ 3 Triliun