Nilai Pasar Apple Tembus US$ 3 Triliun

0
Apple
Ilustrasi Logo Apple. (Foto: Pelopor.id/Wang Gang/Getty Images)

Pelopor.id – Apple menjadi perusahaan pertama yang mencapai nilai pasar saham US$ 3 triliun awal pekan ini meski mengakhiri hari dibawah valuasi itu. Pada hari pertama perdagangan 2022 saham Apple mencapai rekor tengah hari tertinggi US$ 182, 88 dolar, menempatkan nilai pasar Apple tepat diatas US$ 3 triliun.

Namun, saham Apple mengakhiri sesi naik 2 setengah persen pada US$182, dengan kapitalisasi pasar Apple sekitar US$ 2,99 triliun.

Ilustrasi produk iPhone. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Saham Apple pada 2021 lalu telah naik lebih dari 35 persen. Kenaikan itu, diakibatkan oleh tingginya permintaan produk terbaru iPhone 13 dan model lama lainnya, termasuk layanan berlangganan, seperti Apple Music, Apple TV+, iCloud, hingga App Store.

Terlebih, penjualan Apple sudah melonjak hampir 30 persen menjadi lebih dari US$83 miliar pada kuartal ketiga. Perusahaan ini juga memiliki uang tunai sebesar US$191 miliar. Pertama valuasi pasar Apple melewati US$1 triliun terjadi pada Agustus 2018 dan memasuki nilai US$2 triliun pada Agustus 2020.

Dibawah nilai pasar Appleyang tembus US$ 3 triliun, ada Microsoft dengan nilai US$2,6 triliun, dan Google Alphabet senilai US$2 triliun. Selanjutnya Amazon dengan kapitalisasi pasar sebesar US$1,7 triliun dan Tesla US$1 triliun. []