Sony Berencana Kembangkan Kendaraan Listrik

0
Ilustrasi mobil listrik. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Pelopor.id | Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony Group Corp, berencana menggeluti pasar kendaraan listrik dengan meluncurkan perusahaan baru bernama Sony Mobility Inc, pada musim semi nanti.

Dalam ekspansi ini, Sony akan mengandalkan teknologi pencitraan dan penginderaan, cloud, 5G dan hiburan yang dikombinasikan dengan penguasaan konten.

Seperti diketahui, Sony yang dulu sempat mendominasi pasar smartphone, bisa terbilang sudah kalah saing dengan sejumlah merek lain, seperti Samsung. Namun, Sony masih menyimpan banyak teknologi canggih, termasuk teknologi sensor yang akan menjadi kunci pengoperasian kendaraan otonom.

Selain itu, Sony juga unggul di bidang hiburan dan game, mengingat sistem audio dan hiburan kini mulai menjadi fokus dalam pengembangan kendaraan listrik.

“Kami yakin Sony berada di posisi yang tepat sebagai perusahaan hiburan kreatif untuk mendefinisikan kembali mobilitas,” ujar Ketua dan Presiden Sony Group Kenichiro Yoshida, seperti dikutip dari Reuters.

Dalam pameran Consumer Electronics Show (CES) 2022 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Yoshida meluncurkan purwarupa sport utility vehicle (SUV), VISION-S 02, menggunakan platform kendaraan listrik yang sama dengan coupe VISION-S 01. Versi awalnya sudah mulai diuji di Eropa pada Desember 2020.

Menurut laporan Reuters, saham Sony sempat naik 4,2 persen di Tokyo, setelah perusahaan itu mengumumkan rencana pengembangan kendaraan listrik. []

Baca juga: Toyota Benamkan Investasi US$ 70 Miliar di Mobil Listrik Hingga 2030