Toyota Benamkan Investasi US$ 70 Miliar di Mobil Listrik Hingga 2030

0
Toyota Benamkan Investasi US$ 70 Miliar di Mobil Listrik Hingga 2030
Toyota Benamkan Investasi US$ 70 Miliar di Mobil Listrik Hingga 2030. (Foto: Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id – Produsen otomotif global Toyota Motor Corp berkomitmen menambah investasi pada kendaraan listrik sebesar 8 triliun Yen atau sekitar US$ 70 miliar hingga tahun 2030 mendatang.

Separuh dari nilai investasi itu akan difokuskan pada pengembangan battery electric vehicle (BEV) atau mobil listrik berbasis baterai penuh. Kemudian sebesar US$ 1,29 miliar akan dipakai membangun pabrik baterai baru di California yang mulai berproduksi pada tahun 2025.

Baca juga : Spider-Man No Way Home Tayang di Bioskop Hari ini, Begini Sinopsisnya

CEO Toyota, Akio Toyoda mengatakan bahwa perusahaannya masih mengejar strategi pengurangan karbon multi-cabang yang juga mencakup mobil hibrid dan kendaraan bertenaga hidrogen.

“Kami ingin memberikan pilihan kepada semua orang. Kami akan menunggu sedikit lebih lama sampai kami memahami ke mana arah pasar,” tutur Toyoda dikutip Reuters, Rabu (15/12/2021).

Diperkirakan penjualan BEV Toyota secara tahunan pada akhir tahun 2030 akan mencapai 3,5 juta kendaraan atau sekitar sepertiga dari penjualan kendaraan saat ini.

Langkah yang ditempuh Toyota ini, seirama dengan pilihan banyak perusahaan mobil yang mengekor jejak Tesla Inc yang kini menjadi produsen mobil paling berharga di muka bumi. []