Samsung Diramalkan Cetak Rekor Laba Seiring Tingginya Permintaan Chip

0
Ilustrasi gedung kantor Samsung. (Foto: Pelopor.id/Unsplash)

Pelopor.id | Perusahaan teknologi asal Korea Selatan (Korsel), Samsung Electronics Co Ltd, diprediksi mencetak rekor laba pada kuartal keempat 2021. Hal itu antara lain dipicu oleh tingginya permintaan chip memori server dan margin yang lebih tinggi dalam pembuatan kontrak.

Sejumlah analis memproyeksikan laba operasional Samsung para kuartal empat 2021 bisa mencapai 15,2 triliun won, atau sekitar USD 12,7 miliar. Jika terealisasi, maka laba Samsung akan naik 68 persen secara year on year dan mengalahkan rekor laba kuartal empat di 2017 yang mencapai 15,15 triliun won.

“Amazon, Microsoft dan Meta terus meningkatkan pesanan chip memori mereka. Dan bisnis Samsung tampaknya telah memenangkan pesanan selama dua tahun hingga 2023,” ucap Analis KB Securities Jeff Kim, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (5/1/2022).

Bisnis manufaktur kontrak chip Samsung, yang bersaing dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), juga mencatatkan kenaikan laba yang signifikan dari kuartal sebelumnya untuk mencapai margin operasi antara 10 persen dan 20 persen. Pasalnya Samsung mencetak lebih banyak pengiriman dan harga yang lebih tinggi.

Selain itu, analis juga memprediksi laba operasi bisnis seluler Samsung bisa tumbuh sekitar 24 persen menjadi sekitar 3 triliun won. Raksasa teknologi Korsel ini dijadwalkan mengumumkan hasil kinerjanya tahun lalu pada Jumat (7/1/2022). []

Baca juga: Samsung Kuasai Pangsa Pasar Smartphone Global di Kuartal III 2021