Tencent Akuisisi Saham Bank Digital Inggris Monzo

0
Logo Tencent. (Foto: Pelopor.id/Reuters)

Pelopor.id | Perusahaan media sosial dan game asal Tiongkok, Tencent Holdings Ltd, mengakuisisi saham bank digital asal Inggris, Monzo, yang baru saja memperoleh meraih sebesar USD 4,5 miliar.

Tencent yang telah menjadi investor produktif di sektor teknologi Eropa, masuk sebagai investor di Monzo dalam pendanaan terbaru senilai USD 100 juta, seperti dikutip dari Sky News.

Keterlibatan Tencent menambah investor terkemuka lainnya ke daftar investor Monzo, setelah sebelumnya sudah ada Coatue dan Abu Dhabi Growth Fund.

Sebelumnya, Tencent juga telah mendukung startup perbankan Eropa seperti N26 Jerman. Namun investasi ini hanya berlangsung singkat, dengan alasan kerumitan terkait Brexit atau British Exit.

Selain itu, Tencent juga memegang saham di perusahaan teknologi besar Amerika Serikat (AS), termasuk produsen mobil listrik Tesla Inc dan aplikasi pesan foto Snap Inc.

Pendanaan yang dilakukan Tencent membuat total yang dikumpulkan Monzo dalam putaran terakhir menjadi USD 600 juta. Valuasi Monzo juga melonjak didukung oleh bertambahnya ribuan pelanggan pada tahun 2021.

Monzo yang didirikan pada tahun 2015, adalah sebuah neobank dengan lebih dari 5 juta pelanggan. Bank digital ini berjuang untuk meraih keuntungan. Namun, kerugian tahunan melebar tahun lalu lantaran adanya potensi penyelidikan pencucian uang perdata dan pidana. []

Baca juga: Kebijakan Xi Jinping Buat Tencent Terdepak dari Daftar 10 Perusahaan Teknologi Terbesar