Tahun Baruan ke Puncak?, Polisi Terapkan Ganjil Genap dan Rekayasa Lalu Lintas di Daerah ini

0
Penyekatan kendaraan
Ilustrasi penyekatan kendaraan. (Foto:Pelopor.id/Ist)

Pelopor.id – Polres Bogor, akan menerapkan kebijakan kendaraan ganjil genap dan pengalihan lalu lintas di kawasan Puncak pada malam Tahun Baru 2022. Selain itu, pelaku perjalanan juga wajib menunjukkan hasil negatif tes Covid-19.

“Hingga tanggal 1 (Januari) pukul 00.00 WIB, itu sudah mulai one way ke bawah. Jadi 1 arah sudah ke bawah sampai pagi.”

“Terutama tahun baru, kita laksanakan dengan sistem pertama ganjil genap, kemudian vaksin melalui aplikasi PeduliLindingi, tes rapid antigen ataupun PCR,” tutur Kapolres Bogor, AKBP Harun, pada Kamis (30/12/2021).

Harun menjelaskan, rekayasa lalu lintas akan mulai dilaksanakan pada 31 Desember 2021 pukul 18.00 WIB. Dimana seluruh kendaraan yang menuju Puncak akan dialihkan ke arah Ciawi.

“Tidak ada lagi yang mengarah ke atas (Puncak),” sebut Kapolres Bogor.

Polisi juga akan memberlakukan one way dari arah Puncak ke bawah mulai pukul 00.00 WIB pada 1 Januari 2022. Kebijakan satu arah ini dilaksanakan sampai pagi hari dan arus lalu lintas lancar.

“Kita upayakan dari pukul 22.00 WIB, kita naik ke atas supaya pelaksanaan one way ke bawah. Kemudian hingga tanggal 1 (Januari) pukul 00.00 WIB, itu sudah mulai one way ke bawah. Jadi 1 arah sudah ke bawah sampai pagi,” tandas Harun.

Selanjutnya Kapolres Bogor mengimbau, agar masyarakat mengisi liburan malam tahun baru di rumah saja. Sebab, jumlah kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus bertambah.

“Ini harus kita antisipasi bersama. Mending kita tahun baru rayakan bersama keluarga di dalam rumah saja,” tandas Harun. []