Ekuador Negara Pertama yang Wajibkan Vaksin Covid pada Anak Usia 5 Tahun

0
Ilustrasi vaksin Covid. (Foto: Pelopor.id/Pixabay)

Pelopor.id | Ekuador telah resmi menjadi negara pertama yang mewajibkan vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia mulai dari 5 tahun. Pemerintah Ekuador menempuh kebijakan itu akibat  virus corona varian Omicron telah memasuki negara Amerika Latin tersebut.

Sejak kasus Omicron ditemukan seminggu lalu, Ekuador langsung mewajibkan semua orang menunjukkan catatan vaksin, jika ingin ke mall, restoran, bioskop dan tempat umum lainnya.

Varian Omicron yang disebut mampu menyebar lebih cepat membuat banyak negara khawatir. Laporan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) per 21 Desember 2021, menunjukkan bahwa virus corona varian Omicron telah ditemukan di 106 negara.

“Vaksinasi ini wajib untuk semua orang yang berusia 5 tahun ke atas,” ungkap Kementerian Kesehatan Ekuador, seperti dilansir dari The Straits Times.

Pemerintah Ekuador juga menyebutkan bahwa orang yang memiliki pantangan medis akan dibebaskan dari kewajiban vaksin. Pemerintah menegaskan bahwa keputusan itu merupakan amanat konstitusi Ekuador, yaitu negara harus menjamin hak atas kesehatan warganya.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 69 persen dari 17,7 juta penduduk Ekuador dilaporkan telah menerima dua dosis vaksin Covid-19. Selain itu, ada sekitar 900.000 orang yang telah menerima dosis booster.

Kasus Covid-19 di Ekuador sejauh ini tercatat hampir 540.000 kasus, dengan sekitar 33.600 pasien meninggal. []

Baca juga: Kasus Omicron Inggris Capai 37 ribu perhari, Sandiaga Uno: Perjalanan Ke Luar Negeri Sebaiknya Dibatalkan