Kasih Hadiah Atlet Rp 95.000, Kadispora Pandeglang Dipecat Bupati

0
Bupati Pandeglang Irna Narulita
Bupati Pandeglang Irna Narulita. (Foto:Pelopor.id/Tribun)

Pelopor.id – Bupati Pandeglang Irna Narulita memecat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pandeglang lantaran pemberian hadiah Rp 95.000 untuk atlet pemenang Bupati Cup. Irna memecat Kadispora Dadan Saladin lantaran sudah mencoreng nama baik dirinya sebagai bupati.

“Sudah saya berikan peringatan tadi, copot Kadispora,” tutur Irna saat menyerahkan hadiah tambahan kepada atlet di Setda Pandeglang, Senin (20/12/2021).

Irna juga menegaskan, bahwa dirinya tidak tahu adanya kegiatan Bupati Cup tersebut karena tidak ada laporan. Dadan juga tidak datang untuk konsultasi saat hendak menyelenggarakan acara tersebut.

Selanjutnya, Irna meminta Inspektorat untuk mengaudit kegiatan Bupati Cup. Menurutnya, penelusuran terhadap kegiatan yang menelan anggaran sebesar Rp 150 juta itu perlu dilakukan. Sebab, Dispora hanya menyisihkan uang Rp 30 juta untuk hadiah.

“Inspektorat audit, Rp 150 juta, hadiah Rp 80 (juta), Rp 100 (juta) juga oke, Rp 50 (juta) kegiatannya, ulah loba ngabatina (jangan banyak ambil untung),” tandas Irna.

Menanggapi pencopotan atas dirinya, Dadan pasrah. “Ya copot-copot saja, rezeki, ajal sudah ada ketentuannya dari Allah, hanya bagaimana kita menyikapinya,” ucap Dadan.

Dadan tidak menampik pernyataan Irna yang disebut sudah mencoreng nama baik bupati. Ia juga mengakui dirinya tidak melaporkan kegiatan tersebut kepada bupati.

“Enggak ada komunikasi ke Ibu, kelemahan saya tidak lapor,” ucapnya.

Sebelumnya, viral di media sosial foto hadiah Bupati Cup di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, senilai Rp 95.000 viral di media sosial. Dalam unggahan viral tersebut, tampak foto tiga amplop dengan logo Pemerintah Kabupaten Pandeglang bertulisan ‘Juara Panjat Tebing Bupati Cup Tahun 2021’ melalui pesan WhatsApp.

Di masing-masing amplop berjejer beberapa lembar uang yakni, Rp 165.000 untuk amplop bertulisan Juara II, dan Rp 95.000 untuk dua amplop bertulisan Juara III. Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga, Dinas Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pandeglang Ahmad Jubaedi, membenarkan bahwa foto yang beredar itu adalah hadiah untuk Bupati Cup. []