Mau Wisata Alam di Sekitar Sentul? Cek 10 Review Ini Dulu

0
Pemandangan alam di Sentul. (Foto: Pelopor.id/Ardi)

Pelopor.id | Mau wisata alam di sekitar Sentul? Anda bisa cek 10 review ini terlebih dahulu.

  1. Gunung Pancar

Sebut Gunung Pancar, pasti langsung ingat Sentul. Demikian sebaliknya, sebut Sentul, ingat Gunung Pancar. Gunung ini tidak menjulang tinggi, namun cukup menghiasi pemandangan panoramic yang keren, berderet dengan beberapa anak gunungnya dan juga Gunung Papandayan diujung panorama pandangan. Di Gunung Pancar, banyak spot wisata yang akan kita bahas di bawah ini, sebagai bagian dari wisata alam sekitar Sentul.

2. Gunung Ciung

Gunung Ciung, mungkin tidak sepopuler Gunung Pancar. Gunung ini lebih landai dari Gunung Pancar, sehingga cocok bagi para pendaki pemula. Sesampainya di puncak, para pengunjung akan disuguhi pemandangan Gunung Salak yang memesona.

3. Curug Leuwi Hejo, Curug Hordeng, Curug Kembar

Sentul memiliki banyak air terjun (curug), memang bukan yang besar atau tinggi, menawarkan kemudahan untuk digapai dan beragam view. Yang paling berdekatan adalah Leuwi Hejo yang cucurannya seperti kolam hijau permata jade. Seperti di satu komplek besar, Leuwi Hejo berdekatan dengan Curug Hordeng dan Curug Kembar.

 

4. Curug Bidadari

Kalau Curug Bidadari, air terjunnya cukup tinggi, sekitar 30 meter dan sudah menjadi wahana wisata yang dikelola menajemen profesional, bukan warga lokal. Dengan begitu, harga tiket masuknya lebih mahal dibanding curug lainnya yang dikelola warga lokal.

5. Trekking Sawah, Kebun dan Hutan

Kalau ini, kita akan bertemu berbagai penyelenggara trekking yang adalah warga lokal dengan paket yang mirip-mirip dan rute utamanya adalah menyusuri sawah, kebun, aliran sungai kecil serta bersentuhan dengan hutan pinus. Biasanya, paket trekking berangkat pagi dan menyediakan makan siang. Anda harus siap jalan selama berjam-jam dengan sepatu yang siap basah dan kotor.

Pemandangan alam di Sentul. (Foto: Pelopor.id/Ardi)

6. Hutan Pinus

Sudah pasti pemandangan hutan pinus rapih dan adem jadi pilihan warga metropolitan yang sudah suntuk dengan gedung tinggi. Hutan ini berada di Gunung Pancar yang sudah dilengkapi dengan kedai-kedai kecil warga lokal dan spot-spot untuk berfoto cantik. Ada juga spot untuk kemah, baik kemah besar untuk beramai-ramai maupun kemah tunggal dengan paket yang dikelola warga lokal.

7. Goa Garunggang

Cari pemandangan yang berbeda dari pohon-pohon maupun aliran air nan sejuk. Goa Garunggang mudah digapai dan menyajikan bebatuan juga stalaktit dan stalagmit sederhana. Goa Garunggang juga sering menjadi bagian dari paket trekking, sehingga Anda harus teliti mau rutenya apa saja.

8. Kawah Merah

Kedengarannya akan berjumpa cekungan di atas pegunungan, tidak juga. Sebutan kawah merah adalah menawarkan wisata rendam air panas, baik kaki maupun badan di kolam-kolam kecil, yang dikelola warga lokal dengan sumber air panas dari Gunung Pancar.

9. Jungle Land

Taman bermain atau theme park dengan latar belakang perbukitan Hambalang dan barisan gunung-gunung, agak mencontoh Disneyland dengan roller coaster, serta sejumlah wahana permainan lainnya. Dibandingkan taman bermain lain di Jakarta maupun Indonesia, Jungle Land termasuk yang lebih ekonomis harganya. Jungle Land baru saja kembali beroperasi pada Desember 2021, setelah sempat tutup akibat pandemi.

10. Taman Budaya

Awalnya, Taman Budaya hanya menawarkan area outbound ringan dan beberapa resto menu nusantara. Namun, sejak destinasi wisata Sentul jadi tren, Taman Budaya pun mendadak ikut menawarkan pemandangan pegunungan dan perbukitan dengan resto dan kafe tempat kongkow yang instagramable. []