Pemerintah Perpanjang Masa Karantina Luar Negeri Jadi 10 Hari

0
Ilustrasi ruang tunggu bandara. (Foto: Pelopor/Pixabay)

Pelopor.id | Pemerintah memperpanjang masa karantina orang dari luar negeri yang sebelumnya 7 hari menjadi 10 hari, untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron. Varian ini pertama kalinya ditemukan di Afrika Selatan dan sudah tersebar di sejumlah negara.

Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, aturan ini berlaku untuk warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan dari sejumlah negara yang sebelumnya dilarang.

“Berdasarkan arahan Presiden, masa karantina bagi WNA dan WNI pelaku perjalanan dari negara-negara di luar 11 negara yang dilarang masuk kemarin, ditambah menjadi 10 hari dari sebelumnya 7 hari,” kata Luhut dalam keterangan tertulis, Rabu (02/12/2021).

Luhut menyatakan, kebijakan ini berlaku mulai besok (03/12/2021) dan masih akan terus dievaluasi secara berkala, lantaran hingga saat ini pihaknya masih mendalami varian baru tersebut.

Selain itu, Luhut juga mengatakan bahwa pemerintah telah melarang para pejabat untuk bepergian ke luar negeri, berlaku bagi seluruh lapisan jabatan, kecuali untuk yang melaksanakan tugas penting negara. “Pejabat negara khususnya dilarang melakukan perjalanan ke luar negeri,” tegasnya. []