Apple dan Qualcomm Kembali Rujuk

0
Berbagai produk Apple. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Apple kembali berdamai dengan Qualcomm, setelah saling menggugat sejak 2017. Namun perdamaian antara kedua pihak ini terjadi di luar pengadilan, yaitu terkait petisi Apple yang meminta pembatalan paten tertentu milik Qualcomm.

Masalah tersebut telah berlangsung bertahun-tahun dan terus berlanjut meskipun Apple dan Qualcomm sudah berdamai selama beberapa kali, seperti dikutip dari dari Apple Insider, Senin (15/11/2021).

Sebelumnya, Apple telah membuat petisi untuk Patent Trial and Appeal Board yang merupakan badan paten Amerika Serikat, untuk membatalkan sejumlah paten milik Qualcomm. Namun, petisi itu tak bisa dilanjutkan karena Apple sudah berdamai dengan Qualcomm.

Baca juga: Krisis Chip, Apple Berpotensi Kurangi Produksi iPhone 13

Kedua perusahaan teknologi ini pernah berdamai pada April 2019, yaitu ketika mereka menuntaskan persoalan terkait paten modem yang digunakan di iPhone. Saat itu, Apple membayarkan sejumlah uang kepada Qualcomm dan mereka menandatangani perjanjian lisensi paten yang berlaku selama enam tahun.

Apple pun bisa kembali memakai chip modem dari Qualcomm, setelah sebelumnya terpaksa memakai modem dari Intel yang terbukti kualitasnya lebih rendah.

Awal mula masalah itu adalah Apple menuduh Qualcomm memanfaatkan posisinya sebagai penyuplai utama modem ponsel dan mematok harga yang terlalu tinggi. []