BPOM AS Izinkan Vaksin COVID-19 Pfizer untuk Usia 5-11 Tahun

0
Ilustrasi vaksin dan obat-obatan. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengizinkan penggunaan vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech pada usia 5-11 tahun. Dengan demikian, ini menjadi vaksin COVID-19 pertama di negara tersebut yang diberikan untuk anak.

Namun pemberian vaksin Pfizer pada anak usia 5-11 tahun di AS belum bisa segera diwujudkan. Pasalnya, para pakar dari The US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) masih ingin merumuskan petunjuk penggunaan dan saat ini masih dalam proses pembahasan.

Baca juga: TikTok Tegaskan Tidak Beri Data Pengguna AS ke Pemerintah China

Nantinya, vaksin Pfizer untuk anak-anak di Amerika Serikat akan diberikan dengan dosis 10 mikrogram, lebih rendah 30 mikrogram dibanding dosis asli untuk usia 12 tahun ke atas, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (30/10/2021).

Pihak Pfizer menyebutkan akan memulai pengiriman vaksin ke apotek, dokter-dokter anak dan tempat pemberian vaksin lain, dalam waktu dekat. Ada sekitar 28 juta anak di AS yang bisa mendapatkan vaksin, seiring dengan dimulainya kegiatan sekolah tatap muka di negara tersebut.

Hingga saat ini, masih sedikit negara di luar Amerika Serikat yang memberikan izin penggunaan vaksin COVID-19 pada anak, antara lain Kuba, China, dan Uni Emirat Arab. []