Pencipta Gundam dan Komikus Manga Raih Penghargaan di Jepang

0
Patung Freedom Gundam di Shanghai, China. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Pencipta Gundam Yoshiyuki Tomino dan komikus manga The Star of Cottonland Yumiko Shima, serta 19 orang lainnya, menerima anugerah kebudayaan Jepang sebagai orang paling berjasa tahun ini dari Pemerintah Jepang.

Yoshiyuki Tomino memulai debutnya di Mushi Production milik Osamu Tezuka dan bekerja dalam anime televisi Astro Boy. Tomino menciptakan dan menyutradarai anime Mobile Suit Gundam pada 1979, seperti dikutip dari Anime News Network, Kamis (28/10/2021).

Ia telah menyutradarai sejumlah anime, seperti Zeta Gundam, Gundam ZZ, Char’s Counterattack hingga Gundam: Reconguista in G.

Tomino sungguh bahagia menerima penghargaan kebudayaan di Jepang. Bahkan ia tak menyangka Gundam bisa sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Baca juga: Fumio Kishida Resmi Menjadi Perdana Menteri Jepang yang Baru

Begitu juga komikus Yumiko Shima yang mengaku sangat bersyukur dengan penghargaan tersebut. Ketika menerima telepon dari Dinas Kebudayaan Jepang, Shima sempat mengira itu adalah penipuan lewat telepon.

Yumiko Shima memulai debut manga Wata no Kuni Hoshi di Majalah Lala Hakusensha pada 1978 dan mengakhirinya pada tahun 1987. Diawal kemunculannya, manga ini langsung memenangkan penghargaan bergengsi Kodansha.

Tidak hanya itu, Shima pun menelurkan sejumlah manga lain yang membuat namanya semakin dikenal, seperti serial Cher Gou-Gou yang memenangkan penghargaan budaya Tezuka Osamu ke-12 pada 2018.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang juga telah memberikan penghargaan kebudayaan kepada sutradara anime dari Studio Ghibli Hayao Miyazaki, pencipta manga dan anime Leiji Matsumoto, desainer game Nintendo Shigeru Miyamoto, mangaka Shigeru Mizuki dan juga komposer Gundam Shigeaki Saegusa yang menerimanya di 2020. []