Cara Mudah Membeli E-Meterai

0
E-Meterai
E-Meterai. (Foto:Pelopor.id / IG Kemkominfo)

Pelopor.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyampaikan, saat ini meterai elektronik sudah dirilis oleh Kementerian Keuangan dan aman digunakan. Meterai Elektronik ini, juga menunjukkan bahwa transformasi digital di Indonesia semakin nyata.

“Meterai elektronik ini aman dan mudah digunakan. (Masyarakat) bisa membubuhkan meterai elektronik alias e-meterai pada dokumen yang terutang bea meterai,” tulis Kemkominfo melalui Instagram resminya Jumat, 15 Oktober 2021.

Adapun pada Meterai Elektronik terdapat, gambar Garuda Pancasila, frasa “Meterai Elektronik”, angka dan tulisan yang menunjukkan tarif, Serta digit kode unik berupa nomor seri yang dihasilkan oleh sistem materai elektronik.

Selain itu, cara membelinya juga sangatlah mudah. Berikut cara membeli E-Meterai dari Kemenkominfo.

Pertama, buka laman pos.e-meterai.co.id dan klik menu “BELI E-METERAI”, kemudian login dengan memasukkan email dan password, pilih tipe pemilik akun dan lanjutkan dengan unggah KTP.

Selanjutnya, isi data yang dibutuhkan, masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS untuk proses validasi. Setelah itu lakukan pembelian e-meterai sesuai keinginan.

Sementara untuk membelinya, masyarakat tidak perlu pergi ke warung atau tempat photocopy. Sebab, untuk membeli e-meterai bisa dilakukan lewat laman pos.e-meterai.co.id. []