Kabupaten Lombok Timur dapat Ucapan Spesial dari Menparekraf di Ultah ke-126

0
Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. (Foto:Pelopor.id/Tangkapan layar Video Sandiaga Uno)

Pelopor.id | Jakarta – Kabupaten Lombok Timur berulang tahun setiap 31 Agustus sesuai dengan Perda No. 1 tahun 2013. Momen bersejarah tersebut, penting sebagai titik awal pemerintahan dan pembangunan di daerah yang berdiri tahun 1895 itu.

Ada yang spesial dari peringatan ulang tahun Lombok Timur ke-126 di tahun 2021 ini, yakni ucapan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. Selain itu, pencetus program Oke Oce ini juga memberikan selamat atas terpilihnya Desa Tetebatu dari Lombok Timur sebagai wakil Indonesia di ajang penghargaan Internasional Best Tourism Villages 2021 UNWTO.

“Saya Sandiaga salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mengucapkan selamat hari jadi ke-126 untuk Kabupaten Lombok Timur. Di kesempatan kali ini, saya juga ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya desa Tetebatu Kabupaten Lombok Timur yang mewakili Indonesia dalam ajang Best Tourism Villages 2021 UNWTO,” tutur Menparekraf dalam video yang diterima Pelopor.id, Minggu, 29 Agustus 2021.

“Semoga dengan bertambahnya usia yang lebih dari satu abad ini, Kabupaten Lombok Timur semakin melesat maju, makin menginspirasi daerah lain menjadi Kabupaten atau Desa yg semakin unggul dan berkontribusi dalam kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bangkit disaat sulit, menang melawan Covid, together Lombok Timur yes we can do it,” sambungnya.

Sepanjang berdirinya Kabupaten Lombok Timur, baru kali ini tepatnya di bawah kepemimpinan H. Sukiman Azmy, wilayah tersebut menjadi booming dan diperbincangkan para Netizen. Khususnya saat Desa Tetebatu yang ada di wilayah Lombok Timur, resmi menjadi wakil Indonesia di ajang bergengsi tingkat Internasional “Best Tourism Villages 2021” yang diselenggarakan UNWTO (Organisasi Pariwisata dunia PBB).

Sebelumnya dibawah komando Gubernur H. Gatot Suherman (Alm), NTB berhasil mendapat penghargaan dari FAO (Organisasi pangan Dunia dibawah naungan PBB ) karena keberhasilan Swasembada Pangan sehingga daerah itu dijuluki “Bumi Gora”.

Lombok Timur, juga kini banyak disebut sebagai Surganya Desa Wisata. Hal ini seiring ditetapkannya 63 desa di Lombok Timur sebagai Desa Wisata. Bahkan, salah satunya yakni Desa Kembang Kuning, berhasil dianugerahi penghargaan sebagai Desa Wisata terbaik Nasional Kualifikasi Desa Wisata Berkembang.

Apalagi, pandemi Covid-19 di tanah Air diprediksi akan menjadi Endemi. Terkait hal ini, Menparekraf Sandiaga Uno menyebut, kondisi peralihan dari Pandemi ke Endemi akan menimbulkan serangan pariwisata (Revenge Tourism). Dimana masyarakat yang selama ini berada dalam masa Pembatasan pergerakan, akan menghilangkan penatnya dengan berwisata. Nah, Lombok Timur sebagai Surganya Desa Wisata bisa menjadi pilihan.

“Saya Sandiaga salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, mengucapkan selamat hari jadi ke-126 untuk Kabupaten Lombok Timur.”

Revenge Tourism tentunya akan memulihkan perekonomian Kabupaten Lombok Timur. Sebab, para wisatawan pastinya tak hanya sekadar menikmati keindahan alam di Desa Wisata, tetapi juga akan membelanjakan uangnya untuk membeli oleh-oleh, cinderamata, kerajinan tangan lokal setempat, juga memakan makanan khas dari daerah tersebut.

Sehingga bangkitlah perekonomian di Lombok Timur sesuai dengan yang dicita-citakan Bupati Sukiman Azmy. “Dirgahayu ke-126 Lombok Timur, 2021 Kembali Mendunia”. []