Pemkot Yogyakarta Ajak Warga Donor Plasma Konvalesen di PMI

Ilustrasi tabung darah kosong dengan label positif Covid-19. (Foto: Pelopor/Unsplash)

Pelopor.id | Pemerintah Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Kota Yogyakarta menyiapkan plasma konvalesen untuk terapi penyembuhan pasien Covid-19. 

“Plasma konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta yang juga Ketua PMI Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, di Markas Palang Merah Indonesia Cabang Kota Yogyakarta, pada Kamis (15/7/2021)

Heroe mengimbau pada para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya, agar bisa membantu kesembuhan pasien Covid-19. Hal itu diungkapkan karena melihat meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta dan tingginya angka kesembuhan.

Bacaan Lainnya

“Silahkan datang ke kantor PMI Cabang Kota Yogyakarta guna mendonorkan plasma konvalesennya yang akan kami kelola secara profesional dengan semangat kemanusiaan,” kata Heroe.

Baca juga: Pemerintah Kota Yogyakarta Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 12-18 Tahun

Pengurus harian PMI Cabang Kota Yogyakarta Lilik Kurniawan juga menyampaikan bahwa saat ini kebutuhan plasma konvalesen sangat tinggi dan tidak semua kebutuhan plasma konvalesen bisa dipenuhi oleh PMI, karena jumlah stoknya masih terbatas. 

Ia mengatakan dari puluhan calon pendonor yang mendaftar, tidak semua bisa diambil plasma darahnya karena kondisi kesehatan calon pendonor tidak memenuhi syarat.

“Mudah-mudahan besok akan lebih banyak pendonor yang datang ke PMI Cabang Kota Yogyakarta agar kita bisa bersama saling berbagi, saling bersinergi dalam misi kemanusian melalui donor plasma konvalesen guna kesembuhan pasien Covid-19,” kata Lilik.

Baca juga: Pemerintah Kota Yogyakarta Tambah Shelter Isolasi Covid-19

Ali, salah satu putra dari pasien Covid-19 yang menerima sumbangan plasma konvalesen di markas PMI Kota Yogyakarta, menuturkan rasa puasnya atas layanan PMI Cabang Kota Yogyakarta. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih dan salut atas jiwa kemanusiaan dan kepedulian PMI pada sesama tanpa memandang SARA yang langsung bekerja cepat dan tepat dalam menolong sesama. []

Baca Juga :   Kao Thailand Prediksi Pasar Kembali Pulih Semester II-2022

Pos terkait