Pemerintah Kota Yogyakarta Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 12-18 Tahun

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi berbincang dengan beberapa anak yang mengikuti vaksinasi Covid-19. (Foto: Pelopor/Pemkot Yogya)

Pelopor.id | Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-18 tahun, termasuk bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas yang mendaftar lewat Jogja Smart Service (JSS).   

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menargetkan vaksinasi untuk anak usia 12-18 tahun di Kota Yogyakarta sebanyak 44.999 orang. Sedangkan target untuk usia 18 tahun ke atas mencapai 311.811 orang.

“Hari ini kami sudah mulai vaksinasi untuk pendaftaran melalui aplikasi JSS. Pesertanya untuk anak usia 12 tahun-18 tahun ada  pelajar SD, SMP dan SMA. Untuk hari ini ada sekitar 250 anak,” kata Heroe saat meninjau vaksinasi penduduk Kota Yogyakarta, di Gembira Loka Zoo, Selasa (13/7/2021).

Bacaan Lainnya

Baca juga: Pemerintah Kota Yogyakarta Tambah Shelter Isolasi Covid-19

Kegiatan vaksinasi ini juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-61. Rencananya, vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum dan anak digelar hingga Kamis (15/7/2021) bagi penduduk Kota Yogyakarta yang sudah mendaftar vaksinasi melalui aplikasi JSS. Dalam sehari, kuota vaksinasi dibatasi 500 orang.

Hero menyatakan, vaksinasi bagi usia anak akan terus digencarkan. Tidak hanya penduduk Kota Yogyakarta. Bahkan anak domisili di Kota Yogyakarta maupun pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta meski tinggal di luar daerah. “Itu akan diakomodir di sekolah. Pada minggu selanjutnya vaksinasi pelajar di sekolah-sekolah,” ujar Heroe.

Baca juga: Wakil Wali Kota Yogyakarta Targetkan Kota Layak Anak Kategori Utama

Baca Juga :   Pemda Kota Cirebon Vaksinasi Pelaku Usaha di Pusat Perbelanjaan

Menurut Heroe, anak-anak juga rentan tertular Covid-19, meski jumlah kasus Covid-19 usia anak-anak di Kota Yogyakarta terbilang rendah. Heroe menyebutkan dari total sekitar 13.000 orang yang pernah terpapar Covid-19 sejak Maret 2020 di Kota Yogyakarta, ada 744 anak yang masih berusia 0 hingga 9 tahun. Sedangkan usia 10-19 tahun yang pernah terpapar Covid-19 mencapai 1.214 orang.

Salah satu peserta vaksinasi Covid-19, Pelajar SMAN 6 Yogyakarta Ni Putri Riski Ananda Intan Prameswari, mengatakan tidak merasakan sakit ketika disuntik vaksin Covid-19. Dia mengajak para pelajar warga Kota Yogyakarta untuk mengikuti vaksinasi guna mencegah sebaran Covid-19. “Saya daftar lewat JSS dan langsung dapat tiket untuk vaksin. Tidak perlu takut karena tidak terlalu sakit. Vaksinnya cepat dan prokesnya sangat baik,” ucapnya. []

Pos terkait